Honda CRF1000L Africa Twin Terjual Empat Unit di IMoS 2016



16YM CRF1000L Africa Twin

Tingginya minat konsumen Indonesia terhadap motor adventure Honda CRF1000L Afroca Twin terbukti sudah… Nggak percaya?? Di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) yang digelar 2-6 November 2016 lalu sebenarnya Astra Honda Motor (AHM) hanya sekedar memperkenalkan Africa Twin kepada publik di Indonesia alias belum resmi merilis motor tersebut. Perilisan Africa Twin secara resmi di Indonesia kemungkinan baru akan dilakukan pada semester pertama 2017. Tapi faktanya, di IMoS 2016 ini Africa Twin sudah dipesan sebanyak empat unit…

Kalau dibandingkan dengan motor-motor lain yang dijual oleh Honda, terutama skutik, angka empat unit memang sangat kecil. Tapi jangan cuma dilihat jumlahnya mas bro… Perlu diingat, AHM belum mengeluarkan bandrol resmi Africa Twin. Bahkan ancer-ancernya motor ini bakal dibandrol dengan harga antara Rp 500 jeti sampai dengan Rp 600 jeti. Kita andai-andai saja Africa Twin dihargai Rp 575 jeti, berarti AHM sudah mendapatkan potensi penjualan Rp 2,3 miliar atau setara dengan penjualan 153 unit Honda BeAT!! Angka yang cukup bikin kita bergidik kan???

“Selama pameran di IMoS, sudah ada empat unit (Africa Twin) terpesan oleh konsumen dan sudah memberikan DP (down payment),” kata General Manager Corporate Communications Astra Honda Motor Ahmad  Muhibbuddin, dikutip dari Kompas Otomotif.



Larisnya Africa Twin memang sudah bisa diprediksi kok mas bro… Sebelum AHM mendatangkan motor ini ke Indonesia, sudah banyak importir umum (IU) yang menjualnya terlebih dahulu. Konsumen nggak begitu peduli apakah mendapatkan Africa Twin lewat ATPM resmi atau tidak, yang penting mereka bisa mendapatkan motor keren ini dengan cepat. Ketika Africa Twin datang secara resmi lewat AHM, ya bisa diprediksi permintaan terhadap motor ini tetap tinggi, meskipun AHM membandrolnya dengan harga yang lebih mahal sekalipun. Kenapa? AHM memberikan pelayanan yang sangat superb bagi konsumen big bike-nya. Harga yang lebih mahal pun rasanya sangat pantas dibayarkan oleh konsumen. Bakal lebih mencengangkan lagi kalau AHM bisa membandrol Africa Twin lebih murah dari importir umum.

Selain berhasil menjual empat unit Africa Twin, AHM juga berhasil menjual tiga unit motor adventure CB500X dan satu unit motor sport full fairing CBR500R. Lagi-lagi motor adventure menjadi bintang di segmen big bike Honda dengan menorehkan penjualan yang sangat baik! Artinya apa? Motor adventure begitu diterima oleh konsumen di Indonesia. Sudah sepantasnya AHM mulai berpikir mengembangkan motor adventure 250 cc dua silinder yang bisa disebut sebagai CB250X untuk menemani CB500X, sedangkan CRF1000L Africa Twin ditemani oleh deretan motor trail seperti CRF250L hingga CRF150L!!

Honda-CRF1000L-Africa-Twin-010

Advertisements