Andalkan Empat Rider, Yamaha Siap Berlaga di Rally Dakar 2017




Mas bro… Tahun akan segera berganti ke 2017. Yamalube Yamaha Official Rally Team pun bersiap menyambut Rally Dakar 2017. Sebagai salah satu pabrikan besar dunia, Yamaha tentu nggak mau kalah melawan KTM dan Honda di salah satu ajang balap off road paling mengerikan ini. Apalagi capaian prestasi Yamaha di Rally Dakar beberapa tahun belakangan masih kalah kalau dibandingkan dengan KTM dan Honda. Apa yang dilakukan oleh Yamaha untuk memberikan perlawanan sengit terhadap KTM dan Honda??

Nah… Untuk musim balap Rally Dakar 2017, Yamaha masih tetap mengandalkan motor WR450F Rally, motor bermesin 449 cc satu silinder yang dikembangkan dari basis mesin motocross YZ450. Dan sekedar informasi saja, WR450F Rally hanya memiliki bobot total 123 kg, sudah termasuk oli dan bahan bakar yang tembus 30 liter. Selain itu, WR450F Rally mengandalkan suspensi buatan WP yang notabene masih satu group dengan KTM. Ini tentu di luar kebiasaan Yamaha yang biasanya menggunakan suspensi buatan Kayaba (KYB).

Rencananya pada Rally Dakar 2017 nanti WR450F Rally bakal ditunggangi oleh empat pembalap yang sudah lumayan kenyang pengalaman di ajang balap rally. Mereka adalah Helder Rodriguez, Adrien van Beveren, Alessandro Botturi, dan Rodney Fagotter. Rally Dakar 2017 sendiri rencananya dimulai pada 2 Januari 2017 dari Asuncion (Paraguay) sebelum melanjutkan perjalanan ke Bolivia dan kemudian berakhir di Buenos Aires (Argentina) pada 14 Januari 2017. Mudah-mudahan saja Yamaha kali ini bisa kompetitif melawan KTM, Husqvarna, dan Honda!



Advertisements