EICMA 2016: AJP Pamerkan Motor Adventure PR7 Versi Produksi Massal



ajp-pr7-eicma-2016-001.jpg

Setelah nongol di Intermot 2016 (Cologne), motor adventure AJP PR7 kembali muncul di EICMA 2016 (Milan). Yups… AJP yang notabene brand motor asal Portugal memang getol membawa PR7 dari satu pameran ke pameran yang lainnya. Bukan apa-apa, PR7 merupakan produk terbaru dari AJP yang masih dalam wujud prototipe alias belum resmi diluncurkan. Berbeda dengan produk AJP lainnya bergenre enduro dan supermoto, PR7 merupakan motor bergenre adventure.

Kabarnya, PR7 yang dipamerkan di EICMA 2016 merupakan wujud final alias versi produksi massal. Kalau dilihat sih nggak ada bedanya antara PR7 yang dipamerkan di Intermot 2016 dengan di EICMA 2016. PR7 tetaplah sebagai motor adventure yang bergaya khas seperti motor Rally Dakar. Tubuh ramping dan jangkung layaknya motor enduro dengan ban 18-21, tapi pada bagian headlamp dipasangi windscreen. Artinya, PR7 diyakini bakal memiliki kemampuan off road sangat baik.

ajp-pr7-eicma-2016-003.jpg



Kalaupun ada yang sedikit berbeda, AJP memasangi PR7 dengan beberapa aksesori penunjang adventure seperti tail bag dan tank bag, mengindikasikan kalau PR7 layak menyandang predikat sebagai motor adventure tulen. Mau dibawa untuk perjalanan jarak jauh oke saja karena bisa dipasangi tail bag dan tank bag untuk membawa barang-barang… Mau diajak main di lintasan off road yang ekstrem sekalipun nggak masalah. Memang sih kalau mau dipakai untuk perjalanan jauh terkesan agak ngoyo dengan PR7. Kenapa? Joknya yang sempit khas motor off road tentu nggak nyaman buat perjalanan jarak jauh. Apalagi PR7 pakai mesin 600 cc satu silinder. Secara performa mesin itu sudah mumpuni. Cuma dari segi kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh, mesin dua silinder atau lebih pastinya lebih unggul karena lebih minim vibrasi. Tapi ya itu tadi, karakter PR7 adalah motor adventure yang off road oriented. Jadi desain gaya motor off road Rally Dakar dan mesin satu silinder lebih pas!

Sepertinya tren motor adventure ke depan bakal lebih banyak condong ke gaya motor balap Rally Dakar. Selain AJP PR7, motor adventure lain yang punya gaya serupa adalah Honda CRF250 Rally dan Yamaha T7 Tenere Concept. Keduanya juga dipamerkan di EICMA 2016 kok! Apakah nanti pabrikan-pabrikan lain bakal menyusul?? Bisa saja… Bukan nggak mungkin KTM atau Husqvarna ikut membuat motor adventure dengan gaya serupa. Oke… Kita tunggu saja deh sampai PR7 dijual secara resmi di pasaran.

ajp-pr7-eicma-2016-002.jpg

Advertisements