• Home »
  • Article »
  • EICMA 2016: BMW R NineT Urban G/S – Hasil Kolaborasi Retro & Enduro

EICMA 2016: BMW R NineT Urban G/S – Hasil Kolaborasi Retro & Enduro


bmw-r-ninet-urban-gs-001

BMW R NineT Urban G/S

Lac Rose Concept yang dipamerkan oleh BMW Motorrad beberapa waktu yang lalu rupanya nggak hanya sekedar konsep. BMW merealisasikan Lac Rose Concept dengan memproduksinya secara massal. Hanya saja namanya bukan lagi Lac Rose, melainkan BMW R NineT Urban G/S, sebuah motor yang dikembangkan dari basis R NineT sehingga memadukan unsur motor retro dan enduro dalam satu kesatuan. Asli deh rupa Urban G/S yang diluncurkan di EICMA 2016 Milan ini begitu menawan!!

 Unsur retro pada Urban G/S bisa dilihat di bagian tangki yang menggembung besar mempertahankan tangki milik R NineT, batok lampu bulat, kaca spion bulat, instrumen dashboard yang super sederhana dengan bentuk bulat, hingga suspensi teleskopik yang dibalut dengan karet hitam. Kemudian unsur enduro pada Urban G/S bisa ditemui di bagian roda, misalnya velg jari-jari 17-19 inch dan ban pacul yang siap melibas berbagai kondisi medan off road, serta front fender yang ditempatkan menggantung di bawah headlight, persis deh kayak motor trail.

BMW-R-NineT-GS-Lac-Rose-Concept-002

BMW Lac Rose Concept

Wujud Urban G/S yang diproduksi secara massal memang nggak sepenuhnya sama dengan Lac Rose Concept. Perbedaan yang sangat mencolok sih ada pada perpaduan warna, jok, hand guard, dan windscreen mungil yang dipasang pada Lac Rose Concept. Tapi paling nggak tingkat kemiripan antara Urban G/S dengan Lac Rose Concept mencapai di atas 90 persen. Dan kabar baiknya, BMW bakal menyediakan berbagai aksesori bagi Urban G/S agar penampilannya menjadi mirip dengan Lac Rose Concept.

Rasanya dengan penampilan Urban G/S seperti ini benar-benar membangkitkan kenangan terhadap R 100 GS yang berjaya di ajang Rally Dakar pada tahun 1980-an. Apalagi Urban G/S juga pakai mesin boxer dua silinder 1.170 cc berpendingin udara yang sangat melegenda dari semua mesin yang dimiliki oleh BMW Motorrad. Tenaga mesin boxer ini memang nggak fenomenal, sebesar 110 HP. Tapi, mesin boxer milik BMW dikenal sangat bandel, handal, dan sangat bisa diandalkan di berbagai macam kondisi. Mau mejeng di mall, mau cuma dipajang di dalam rumah, mau dipakai touring, atau mau dipakai off road sekalipun, Urban G/S jelas manut-manut aja! Motor yang bikin ngiler banget nih…

bmw-r-ninet-urban-gs-048


Advertisements