Husqvarna Kembangkan Motor Adventure Berbasis KTM 790 Duke



ktm-790-duke-prototipe-001

Mas bro… Ada hembusan kabar yang sangat menarik dari Eropa. Seperti apa? Nah, di EICMA 2016 kan KTM memamerkan motor konsep 790 Duke dengan desain radikal dan mesin nggak umum. Kalau biasanya KTM menggunakan mesin satu silinder atau dua silinder berkonfigurasi V (v-twin) dalam setiap motornya, tapi 790 Duke mengandalkan mesin yang total baru, 800 cc parallel-twin! Kabarnya, anak usaha KTM, Husqvarna, juga bakal menggunakan basis mesin yang sama dengan 790 Duke untuk membangun sebuah motor adventure!!!

Saling berbagi engine dan frame antara KTM dan Husky memang sudah menjadi hal lumrah. Di segmen dirt bike (motocross dan enduro), dalam mengembangkan motor, KTM dan Husky selalu berangkat dari engine dan frame yang sama. Tapi kemudian masing-masing brand membuat perbedaan. Mengenai perbedaan motor KTM dan Husqvarna bisa mas bro baca di artikel ini. Begitu juga di segmen street bike, Husky selalu menggunakan platform yang sama dengan KTM. Seperti Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen yang mengambil basis dari KTM 390 Duke.

Tentu sangat menarik ditunggu bakal seperti apa motor adventure Husky yang dikembangkan dari platform  790 Duke. Bukan rahasia lagi kalau KTM dan Husky seringkali memberikan desain motor yang luar biasa, out of the box, dan nyeleneh. KTM saat ini sudah memiliki lineup motor adventure yang tampil begitu gambot dan garang (1190 Adventure dan 1290 Super Adventure). Kemungkinan Husky nggak akan memberikan desain yang mirip-mirip seperti KTM. Apakah Husky bakal menyajikan motor adventure dengan gaya ala Rally Dakar yang saat ini sedang ngetren? Honda punya CRF250 Rally, Yamaha memiliki T7 Tenere Concept, dan AJP mengandalkan PR7 yang semuanya bergaya Rally Dakar di segmen motor adventure. Bukan nggak mungkin Husky membuat motor adventure dari basis KTM 790 Duke tapi desainnya mirip seperti Husky 450 Rally!



husqvarna-450-rally-001

Advertisements