Berharap Gas Gas Kembali Masuk ke Pasar Motor Off Road Indonesia

gas-gas-ec-300-2017-003.jpg

Yups… Pabrikan motor off road asal Spanyol, Gas Gas, baru saja meluncurkan motor enduro baru bernama EC 300 model year 2017 di EICMA 2016 Milan. EC 300 sebenarnya bukan nama baru dalam lineup motor enduro Gas Gas. Sebelumnya EC 300 juga dipakai sebagai nama motor enduro 300 cc 2T dari pabrikan tersebut. Namun, untuk model year 2017, Gas Gas mengklaim kalau EC 300 merupakan motor yang benar-benar baru. Mulai dari mesin baru yang lebih powerful, frame central backbone baru, sub-frame aluminium yang lebih ringan, suspensi KYB, hingga silencer knalpot FMF Powercore 2.1 sebagai standar. Gas Gas pun menyebut kalau EC 300 generasi terbaru hanya berbobot 105 kg, sangat ringan untuk ukuran motor enduro!!

Boleh dibilang EC 300 model year 2017 merupakan upaya Gas Gas untuk bangkit dari keterpurukan. Di tahun 2015 lalu Gas Gas sempat dinyatakan pailit oleh pengadilan niaga karena nggak sanggup bayar utang, tapi di tahun 2016 Gas Gas diselamatkan oleh sesama perusahaan Spanyol, Torrot. Seperti sebelumnya, Gas Gas tetap fokus dalam memproduksi motor enduro dan trial. Khusus untuk motor enduro, Gas Gas mulai ngegas dari mesin 2T, yaitu EC 300. Nggak menutup kemungkinan nanti juga tersedia kubikasi mesin lain seperti EC 250 dan EC 200. Bagaimana dengan motor enduro 4T? Belum ada kabar yang cukup valid kapan Gas Gas bakal menggarap motor enduro 4T. Jadi kudu sabar dulu deh…

gas-gas-ec-300-2017-002.jpg

Nah… Sebenarnya cukup menarik kalau Gas Gas kembali masuk ke Indonesia meramaikan pasar motor enduro built up. Gas Gas memang pernah eksis di Indonesia melalui PT El Rhino Global. Namun kemudian kiprah Gas Gas di Indonesia kudu berakhir saat pabrik Gas Gas di Spanyol ditutup akibat pailit. PT El Rhino Global pun “selingkuh” dengan menjadi distributor resmi Yamaha CBU Off Road Indonesia. Sekarang dengan amunisi baru, nggak ada salahnya kalau Gas Gas mencoba lagi peruntungannya di Indonesia untuk melawan dominasi duet KTM dan Husqvarna. Dua brand bersaudara ini memang sangat berkuasa di market motor enduro built up Indonesia.

Salah kunci¬†agar produk Gas Gas bisa diterima di Indonesia adalah harga… Walau bagaimanapun brand image Gas Gas masih kalah tertinggal dari KTM dan Husky. So, harga motor Gas Gas mesti lebih murah dari keduanya. Kalau sama atau malah lebih mahal rasanya ya sangat sulit bisa mendulang penjualan yang bagus, karena mindset orang Indonesia ketika ngomongin motor trail/enduro built up langsung mengarah ke KTM dan Husky. Semoga saja Gas Gas benar-benar hadir lagi di tanah air dengan harga lebih rendah dari KTM dan Husky. Mungkin ada dari mas bro sekalian yang tertarik menjadi distributor resmi Gas Gas di Indonesia?

Advertisements