Wow!! AJP PR7 Ternyata Sudah Dilengkapi dengan GPS On-Board???

ajp-pr7-eicma-2016-1-006.jpg

Mas bro… Kali ini kita bakal kembali membahas mengenai motor adventure AJP PR7 yang wujudnya dipamerkan di EICMA 2016. Motor yang satu ini memang cukup menarik untuk diulas. Kenapa? Pertama karena desainnya yang unik. Yups… AJP PR7 merupakan motor adventure dengan tampang khas motor balap Rally Dakar. Nggak heran kalau PR7 diyakini memiliki kemampuan off road yang sangat baik. Hal menarik berikutnya, PR7 memang dikembangkan oleh brand motor asal Portugal, AJP. Tapi AJP tidak membuat mesin PR7 sendiri. Mesin PR7 kabarnya disuplai oleh brand motor asal Italia, Speedy Working Motorcycle (SWM). Uniknya lagi, SWM juga nggak benar-benar mengembangkan mesin itu sendiri, melainkan mendapatkan lisensi untuk memproduksi mesin Husqvarna TE 630 lansiran tahun 2012. Sejak bergabung dengan KTM, Husky nggak memproduksi lagi TE 630. Jadi ketimbang nganggur, mesin dilisensikan untuk dipakai pabrikan lain. Mumet kan??

Selain memiliki keistimewaan menggunakan mesin derivatif dari Husky TE 630, bagian instrument dashboard PR7 rupanya cukup mengejutkan!! Di sana bercokol konsol speedometer full digital dengan ukuran mungil. Sekilas memang terlihat sederhana, namun informasi yang disajikan tergolong lengkap. Mulai dari indikator putaran mesin (tachometer), indikator kecepatan (speedometer), indikator bahan bakar (fuel meter), hingga jarak tempuh (oddometer) lengkap ada di sana. Kemudian melongok ke bagian atas konsol speedometer, di sana kok nangkring sebuah layar LCD dengan ukuran cukup lapang yang diindikasikan sebagai sebuah GPS atau malah smartphone!!

Misal bukan GPS, ya tentunya smartphone-lah yang bercokol di bagian dashboard PR7. Setidaknya itulah yang dipamerkan di EICMA 2016. Nggak diketahui secara pasti apakah GPS/smartphone yang nemplok itu menjadi fitur standar atau hanya berupa aksesori yang bisa dibeli secara terpisah. Kalau memang jadi fitur standar, tentu kita mesti acungkan dua jempol kepada AJP. Kenapa? Karena pada motor adventure, GPS menjadi fitur yang amat krusial. Baik itu GPS tulen atau smartphone yang dipasangi aplikasi GPS, semuanya sangat membantu. Bisa membantu rider memandu menuju tempat tujuan dengan lebih efektif. Jika mas bro sudi memperhatikan lebih lanjut, GPS/smartphone yang dipasang pada PR7 berbasis Android. Kayaknya bisa online di BIGO LIVE sambil riding nih! Xixixixi… Memang sih GPS bisa dibeli secara terpisah, tapi kalau sudah dipasang oleh pabrikan dan fit pada motor tentu lebih baik lagi…

Advertisements