Tips Substitusi Gear Viar VX1 Bisa Pakai Punya Honda GL Series



viar-vx1-001

Mas bro… Kemarin Adventuriderz.com mendapatkan kiriman email dari Mas Alam Sibiastika yang tinggal di Kalimantan. Mas Alam ini rider Viar VX1, salah satu motor trail 150 cc generasi awal yang diproduksi oleh PT Triangle Motorindo. Mas Alam sedang kebingunan mencari part substitusi gear depan maupun belakang dari Viar VX1 karena menurutnya dengan gear standar yang berukuran 17-46 motor nggak bisa diajak lari lebih kencang, top speed maksimal cuma 70 km/jam! Berikut kutipan email dari Mas Alam:

Dear Mas Tri Setyo,

Mas, aku numpang tanya dong, tahu ndak substitusinya gir belakang dan depan Viar VX1. Kalau punya bawaannya, gir depan 17 dan belakang 46. Top speed-ku cuma 70-an (km/jam). Ada ndak persamaan gir belakang Viar VX1 yang bisa diambil dari gir motor Jepang? Aku di pedalaman Kalimantan, terisolir pokoknya. Ndak ada bengkel Viar. Mohon pencerahannya.



Thankyou,

Alam Sibiastika

Nah… Jujur saja Adventuriderz.com nggak pernah megang, nunggang, apalagi punya Viar VX1. Kenapa? Karena populasi motor trail generasi awal dari Viar ini memang nggak banyak. Tapi untuk menjawab pertanyaan dari Mas Alam, Adventuriderz.com langsung kontak seorang rekan, Mas Aziz Majid Jauhari, punggawa blog WarungDOHC.com sekaligus pemilik bengkel WD Garage di Wates, Kulon Progo (Jogja). Kebetulan juga Mas Aziz ini punya Viar VX2 yang kerap dipakai untuk trabas. Setidaknya antara Viar VX1 dan Viar VX2 memiliki platform yang sama. Jadi beliau cukup capable dalam menjawab pertanyaan dari Mas Alam.

Menurut juragan WarungDOHC.com, gear depan Viar VX1 bisa disubstitusi dengan gear depan milik Honda GL Pro Neotech, sedangkan gear belakang bisa menggunakan milik Honda GL Pro (biasa). Semoga jawaban ini bisa membantu Mas Alam maupun pemilik Viar VX1 lainnya yang kesulitan mencari gear standar Viar VX1 atau sekedar ingin mengubah rasio gear untuk mendapatkan top speed maupun torsi yang lebih baik. Thanks!!

Advertisements