• Home »
  • Article »
  • AHM Nilai Mesin 250 cc Satu Silinder Lebih Cocok untuk Motor Off Road

AHM Nilai Mesin 250 cc Satu Silinder Lebih Cocok untuk Motor Off Road



honda-crf250l-model-year-2017-001

Mas bro… Beberapa tahun yang lalu Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor sport full fairing CBR250R dengan mesin 250 cc satu silinder sebagai penantang dominasi Kawasaki Ninja 250. Sayangnya CBR250R gagal total! Ninja 250 dengan mesin dua silindernya masih menguasai market, sementara CBR250R harus disuntik mati dan kini digantikan oleh CBR250RR yang memakai mesin dua silinder. AHM pun harus mengakui untuk market motor sport full fairing 250 cc di Indonesia wajib hukumnya menggunakan mesin dua silinder. Terus bagaimana dengan mesin 250 cc satu silinder milik CBR250R? Apakah mau dipakai untuk membangun model lain??

Awalnya, Honda membangun mesin 250 cc satu silinder untuk motor sport full fairing CBR250R sekitar tahun 2011. Setahun berselang, Honda mengaplikasikan mesin yang sama pada motor dual sport CRF250L. Kini petinggi AHM mengungkapkan kalau mesin 250 cc satu silinder memang habitatnya untuk motor off road/dual purpose, bukan untuk motor sport full fairing. Lagi-lagi ini jadi kode keras bahwa AHM bakal meluncurkan CRF250L dalam waktu dekat. Selentingan kabar menyebut CRF250L nongol di semester pertama 2017. Nggak lama lagi… Apalagi pendaftaran TPT uji tipe CRF250L di Kementerian Perindustrian telah selesai dilakukan.

“Saya pikir mesin itu (mesin 250 cc satu silinder CBR250R) sangat bagus untuk (motor) model off road atau model sport ringan seperti motor naked, seperti halnya Kawasaki Z250SL. Motor-motor jenis itu cocok dengan mesin satu silinder,” ungkap Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma, dilansir oleh detikOto, sembari menambahkan bahwa CRF250L merupakan motor bermesin satu silinder yang masuk dalam pertimbangan AHM untuk dijual di Tanah Air.



honda-crf250l-model-year-2017-002

Sekarang AHM sedang sangat fokus mengurusi CBR250RR mas bro… Segala sumber daya dikerahkan oleh perusahaan agar motor sport full fairing 250 cc dua silinder terbaru itu sukses di pasaran. Jadi jangan berharap dulu CRF250L diluncurkan dalam waktu 1-2 bulan ke depan. AHM nggak mau meluncurkan beberapa motor dalam rentang waktu yang berdekatan, karena hanya akan memecah konsentrasi pemberitaan, dan itu kurang baik dilihat dari strategi marketing. Sabar, tunggu waktu yang tepat… Itu pula yang pernah diungkapkan oleh Inuma San di artikel “AHM Beri Indikasi Kuat, Honda CRF250L Akan Dirilis Dalam Waktu Dekat“.

“Saya pikir motor adventure seperti Africa Twin dan motor adventure kecil akan semakin populer. Tentu saja, untuk segmen motor sport, kami masih konsentrasi pada CBR250RR. Tapi, di saat yang sama kami juga melihat ke depan untuk segmen lainnya seperti segmen off road atau segmen adventure touring, bersama dengan matic, bebek, dan naked model. Artinya, kami sekarang masih mempertimbangkannya. Mohon maaf, saya tidak bisa mengatakan kapan. Saya hanya bisa mengatakan bahwa itu (CRF250L) masih dalam pertimbangan. Mungkin tidak terlalu lama,” ujar Inuma.

“Off road dan adventure touring adalah pasar yang besar. CB500X memang paling laku untuk big bike Honda di Indonesia, tapi masih terlalu mahal. Tidak semua orang bisa membelinya. Tentu saja, kami selalu mempertimbangkan semua hal. Seperti Anda ketahui, kami telah meluncurkan CB150R, CBR150R, dan sekarang CBR250RR. Jadi kenapa tidak kita coba kategori selanjutnya?” ucapnya lagi.

honda-crf250l-model-year-2017-003

Advertisements