• Home »
  • Article »
  • Sorry to Say… CRF250L Bukan Untuk Para Penggemar Hardcore Off Road!

Sorry to Say… CRF250L Bukan Untuk Para Penggemar Hardcore Off Road!



honda-crf250l-model-year-2017-001

Astra Honda Motor (AHM) hampir pasti mendatangkan Honda CRF250L ke Indonesia dalam waktu dekat. Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma sendiri yang memberikan kode keras kalau motor tersebut segera hadir di Tanah Air. Kode dari Inuma San bisa mas bro baca di artikel ini dan artikel ini. Sayangnya, Adventuriderz.com harus tegas mengatakan bahwa CRF250L bukan ditujukan untuk para penggemar hardcore off road!! Lalu untuk siapa?? Yuk kita ulas!

CRF250L dilahirkan sebagai motor dual sport mas bro… Atau bahasa lainnya motor dual purpose yang bisa dibawa ke berbagai kondisi medan. Bisa dibilang ini adalah motor setengah-setengah, memiliki kemampuan on road dan off road dengan komposisi 50:50. Desain CRF250L memang trail banget, khas motor off road. Tapi motor ini bisa dipakai untuk on road, sekaligus nyaman dipakai di medan off road, namun hanya terbatas pada off road yang ringan saja. Bukan off road yang berat ya… Lho memang kenapa mas?

Pertama karena bobotnya berat… CRF250L memiliki bobot sekitar 146 kg… Jelas sulit mengendalikan motor seberat ini di medan off road yang berat dan pastinya bikin gempor rider. Apalagi kalau apesnya rider ndlosor, bakal ngos-ngosan membangunkan motor seorang diri… Kedua, mesin CRF250L dibangun dari basis street bike CBR250R. Karakter mesin ini cenderung kalem, nggak galak, dan pastinya kedodoran buat hill climb. Apalagi gear ratio CRF250L memang bukan untuk bermain off road tulen. Indikasi dari ban yang menggunakan model dual purpose memastikan ini bukan motor off road 100 persen. Kemudian, CRF250L merupakan motor street legal. Makanya motor ini menggunakan knalpot yang sudah lulus regulasi emisi gas buang dan suara dengan standar Euro 4. Pasti tarikan motor jadi nggak instant layaknya motor off road tulen yang menggunakan knalpot free flow tanpa mempedulikan emisi gas buang dan emisi suara.



honda-crf250l-model-year-2017-003

Nah… Buat mas bro yang demen hardcore off road, buang jauh-jauh keinginan untuk meminang CRF250L. Motor ini bukan buat Anda!! Solusinya adalah mencari motor off road tulen. Dari Honda ada CRF250X yang notabene motor off road/enduro murni. Sebagai motor enduro murni, CRF250X memiliki frame lebih rigid, bobot jauh lebih enteng, tenaga jauh lebih besar, torsi lebih beringas, pakai ban off road tulen, dan gear ratio yang sudah disesuaikan untuk off road. Tinggal gas saja ke medan off road tanpa perlu memodifikasi lebih lanjut juga nggak masalah. Memang CRF250X nggak dijual secara resmi oleh AHM. Tapi mas bro bisa mendapatkannya di importir umum, meskipun dengan harga yang lumayan mahal.

Terus siapa target market CRF250L? CRF250L disiapkan oleh AHM bagi para penggemar motor dual sport, buat yang demen touring adventure dengan kombinasi lintasan on road dan light off road, buat yang pengen street bike dengan penampilan berbeda (nggak pasaran), buat yang pengen street bike bergaya trail yang punya ground clearance tinggi… Dan harus diakui, penampilan CRF250L sudah sangat keren dan amat sangat mendukung buat mejeng. Lagian nih mas bro, AHM diprediksi nggak akan ngoyo dalam berjualan CRF250L. Motor ini (CRF250L) bersama dengan CRF1000L Africa Twin hanya diposisikan sebagai produk flagship, dengan tujuan mendukung penjualan lineup di bawahnya. Siapa lagi kalau bukan motor trail 150 cc untuk sementara waktu kita sebut sebagai CRF150L (unofficial). CRF150L lah yang dipersiapkan sebagai volume maker sekaligus money maker, bukan CRF250L!

Honda-CRF250L-014

Advertisements