Menanti Keseriusan Suzuki Jual Trail DR200S di Indonesia

suzuki-dr200s-blackfire-003.jpg

Mas bro… Lagi hot banget ini info yang bergulir di dunia maya… Pasalnya, Suzuki Indonesia dikabarkan memasukkan ratusan ribu unit motor trail DR200S Black Fire. Sesuai dengan namanya, DR200S itu memiliki warna hitam legam (doff) yang tampak sangat angker di sebuah gudang yang diyakini sebagai milik Suzuki Indonesia. Untuk apa Suzuki Indonesia memasukkan DR200S sebanyak itu? Konon katanya itu merupakan pesanan negara. Kalau dilihat dari warnanya yang hitam legam kemungkinan sih untuk TNI ya…

Selain untuk memenuhi pesanan kendaraan dinas dari negara, kabarnya Suzuki sekalian tes pasar bagaimana antusiasme masyarakat umum dan konsumen ketika melihat trail yang satu ini ada di jalanan. Artinya, Suzuki memang nggak menutup kemungkinan menjual DR200S di Tanah Air. Tapi bakal lebih jos lagi dalam melihat antusiasme konsumen, Suzuki nggak cuma nunggu sampai DR200S dipakai sebagai kendaraan dinas. Suzuki harus lebih proaktif lagi… Misal dengan menyebar sample unit DR200S di dealer-dealer, memboyongnya dari pameran ke pameran, hingga memperkenalkan kepada komunitas trail!

Saran Adventuriderz.com sih tetap ya… Suzuki jangan lama-lama, kudu cepat action, segera menjual DR200S di Indonesia. Percayalah, pasar motor trail di Tanah Air lumayan gede. Apalagi DR200S itu sama seperti Kawasaki KLX150 series, merupakan motor trail dual purpose street legal, sehingga nggak segmented untuk off road saja. Konsumen bisa menggunakan DR200S sebagai sebagai kendaraan harian yang nyaman di perkotaan, sekaligus mudah dikonversi sebagai motor off road. Tinggal ganti ban off road tulen, gear set, dan knalpot free flow, maka DR200S sudah sangat mumpuni untuk bermain di medan off road. Bagi penggemar supermoto pun bisa dengan mudah mengonversinya karena tinggal ganti rim tapak lebar dan ban ring 17 inch baik di depan maupun belakang. So, penggemar motor dual purpose, off road, dan supermoto bisa dijangkau semua oleh DR200S.

Lebih menarik lagi karena DR200S menggendong mesin 199 cc SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara lengkap dengan sistem pembakaran karburator. Adventuriderz.com menilai mesin DR200S ini sederhana dan perawatannya mudah. Tapi di sisi lain sangat reliable serta menawarkan performa yang lumayan nampol. Powernya tembus 20 HP di putaran mesin 8.500 rpm, sementara torsi maksimalnya mencapai 18,6 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Mau dipakai untuk harian maupun untuk off road, power dan torsi sebesar itu amat sangat cukup mas bro… Untuk off road hobby (non-kompetisi), rasanya karakter mesin seperti DR200S ini sudah sangat cukup. Nggak perlu mesin advance 250 cc 4-valve, injeksi, dan berpendingin radiator segala karena perawatannya lebih jelimet dan mahal.

Suzuki_DR200S_1

Kalau jadi dijual di Indonesia, DR200S hanya akan melawan KLX150 (at least untuk saat ini dari kalangan brand Jepang)… Secara penampilan mungkin KLX150 lebih berada di atas angin karena lebih fresh, terutama dengan pengaplikasian suspensi upside down, sementara DR200S dengan suspensi teleskopik dan rem tromol di bagian belakang terlihat usang. Namun jangan salah, kekuatan utama DR200S ada di sektor mesin. Tenaga dan torsi mesin DR200S jauh meninggalkan KLX150 yang amat minimalis. Apalagi suspensi upside down KLX150 itu cuma enak dipadang, sedangkan ketika dipakai di jalur off road nggak nyaman sama sekali lantaran mentok jledak-jleduk… Banyak para penggemar off road yang sepakat suspensi teleskopik KLX150 lawas masih lebih enak daripada suspensi upside down KLX150 model baru. Itu menjadi indikasi kalau suspensi teleskopik nggak selalu inferior.

Jadi gimana Suzuki, mau jual DR200S di Indonesia?? Syarat kalau mau dijual di Indonesia ya tentu mesti diproduksi secara lokal untuk menekan harga. Paling nggak harga jual DR200S kudu mepet-mepet dengan KLX150. Lebih tinggi Rp 2-3 juta rasanya masih banyak yang mau karena DR200S menawarkan mesin yang jauh lebih powerful. Asal jangan sampai tembus angka psikologis Rp 40 juta saja… Monggo Suzuki… Pecinta trail dan off road di Indonesia begitu menanti penerus si legenda TS 125!!

Advertisements