• Home »
  • Article »
  • Masuk Daftar TPT, Cleveland FXr & Hooligun Bakal Dijual On The Road

Masuk Daftar TPT, Cleveland FXr & Hooligun Bakal Dijual On The Road



Cleveland-FXR-007

Cleveland FXr

Mas bro sekalian… Pada tanggal 14 November 2016 ini Cleveland CycleWerks Indonesia mendaftarkan TPT uji tipe empat motor baru di Kementerian Perindustrian. Tapi kita nggak membahas semuanya, melainkan hanya akan membahas dua motor saja karena dua itu yang masuk ke dalam kategori motor trail. Mereka adalah Cleveland FXr dan Cleveland Hooligun 250/450. Memang kenapa mas kalau motor-motor itu masuk ke dalam daftar TPT uji tipe di Kementerian Perindustrian??

Okeee… FXr, Hooligun 250, dan Hooligun 450 memang sudah dijual secara resmi oleh Cleveland di Indonesia. Namun, brand motor yang berasal dari Amerika Serikat ini baru menjualnya secara off the road alias tanpa surat-surat. Tentu saja marketnya sangat terbatas, hanya untuk para penggemar off road, dan lebih terbatas lagi karena nggak ada surat-suratnya maka untuk mendapatkan motor-motor itu harus dibeli dengan cara cash, nggak bisa kredit. Untuk menggenjot penjualan dan agar bisa menjangkau market yang lebih luas, Cleveland mestinya menjual produknya secara on the road (street legal), lengkap dengan surat-surat (STNK, TNKB, & BPKB). Nah, cara awal yang ditempuh agar motor bisa menjadi kendaraan street legal adalah dengan melakukan uji tipe!

screenshot_2016-11-19-09-45-09_1.jpg

screenshot_2016-11-19-00-26-51_1.jpg



Cleveland-FXR-002

Cleveland FXr

Dalam uji tipe, motor dites oleh instansi terkait untuk mengetahui apakah motor benar-benar layak dipakai sebagai kendaraan di jalan raya. Pengetesan itu lumayan banyak variabelnya, mulai dari uji emisi gas buang dan emisi suara harus comply dengan persyaratan Euro 3, hingga seluruh kelengkapan kendaraan harus komplit dan berfungsi sempurna. Contoh kelengkapan kendaraan untuk jalan raya ini adalah lampu utama, lampu belakang/lampu rem, lampu sign, klakson, kaca spion, konsol speedometer, rear fender, holder nomor polisi kendaraan, dan lain-lain. Pokoknya semua harus lengkap tanpa terkecuali.

Keuntungan Cleveland kalau bisa menjual FXr dan Hooligun 250/450 secara on the road adalah market motor-motor itu jadi nggak hanya terbatas bagi para penggemar off road saja, tapi juga bisa dibeli oleh konsumen yang ingin menggunakannya sebagai kendaraan jalan raya. Kemudian, konsumen yang ingin membeli motor trail Cleveland tapi nggak punya duit yang cukup untuk membayar secara cash, mereka bisa membelinya secara kredit lewat lembaga leasing. So, potensi penjualan produk menjadi semakin besar!

Cleveland-Hooligun-X-009

Cleveland Hooligun 250/450

Kapan Cleveland FXr dan Cleveland Hooligun 250/450 street legal atau versi on the road dijual ke pasaran? Sumber Adventuriderz.com dari Cleveland CycleWerks Indonesia menyebutkan kalau FXr dan Hooligun 250/450 street legal sudah bisa didapatkan pada awal tahun 2017 mendatang mas bro… Mengenai bandrol harganya, Adventuriderz.com belum mendapatkan keterangan resmi. Tapi sebagai acuan, FXr sekarang dijual dengan harga Rp 32 juta off the road, Hooligun 250 dibandrol Rp 74 juta off the road, dan Hooligun 450 harganya Rp 147 juta off the road. Biasanya, harga on the road lebih tinggi 10-15 persen (tergantung wilayah) dibandingkan dengan harga off the road sebagai biaya untuk mengurus bea balik nama kendaraan bermotor (BBN KB), pajak kendaraan bermotor, dan penerbitan surat-surat (STNK, TNKB, & BPKB).

“Ya ini sudah proses (pendaftaran TPT uji tipe), awal tahun 2017 sudah bisa on the road. Iya mas, ada FXr, Hooligun 250, dan Hooligun 450,” tutur Pak Andi Setiawan dari Cleveland Cyclewerks Indonesia Area Jawa Tengah.

Last… FXr merupakan motor yang bisa dibilang sangat unik. Kenapa? Karena motor dengan mesin 110 cc yang sangat sederhana ini memiliki desain nyentrik. Penampilan FXr sangat simple, nggak kayak motor trail kebanyakan, dan justru cenderung mirip seperti motor trial. Lebih unik lagi lantaran FXr mengaplikasikan ban depan dan belakang yang sama-sama pakai ring 21 inch!! Asli ini nggak pasaran banget… Lha wong biasanya motor trail itu pakai ban ring 18-21, tapi ini pakai ring 21-21… Salah satu keunggulan utama FXr adalah bobotnya yang super ringan. Pastinya enak banget buat main off road nih! Nah, kalau Hooligun 250/450 desainnya sih cenderung sama persis dengan Viar Cross X 250 ES dan Gazgas GE 250 GZ1. Basis mesinnya pun sepertinya sama ya dari Zongshen. Bedanya, Hooligun 250/450 menggunakan frame dan swing arm dari bahan aluminium. Nggak heran kalau bobotnya lebih ringan. Gimana mas bro, tertarik meminang FXr dan Hooligun 250/450 versi on the road??

Cleveland-Hooligun-R-008

Cleveland Hooligun 250/450

Advertisements