Modifikasi Minimalis Biar KLX150 BF Siap Off Road Seperti New KLX

kawasaki-klx150-bf-showroom-jogja-2016-001

Mas bro… Beberapa waktu yang lalu Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis motor trail baru yang diberi nama New KLX (tanpa 150). Memang apa bedanya New KLX dengan KLX150 BF yang sudah lebih dahulu diluncurkan? Secara umum begini, KLX150 BF itu merupakan motor dual sport yang legal dipakai di jalan raya. Mas bro bisa melihat berbagai kelengkapan jalan raya di KLX150 BF, mulai dari lampu utama, lampu belakang, lampu sign, kaca spion, panel speedometer, klakson, hingga holder nomor polisi. Di sisi lain, New KLX adalah motor yang benar-benar diciptakan untuk off road. Motor ini nggak bisa dipakai di jalan raya karena nggak ada kelengkapannya dan dijual tanpa surat-surat (off the road).

Karena memang dilahirkan sebagai motor off road tulen, maka nggak heran kalau kemampuan New KLX di medan off road lebih mumpuni dibandingkan dengan KLX150 BF, dengan asumsi sama-sama motor standar tanpa modifikasi ya… Memang cukup banyak perbedaan antara New KLX dengan KLX150 BF yang membuat performanya di lintasan off road jadi lebih nampol. Kali ini Adventuriderz.com bakal memberikan tips modifikasi ringan KLX150 BF agar memiliki performa off road seperti New KLX. Kenapa kok yang jadi acuan New KLX? Karena dia motor off road buatan pabrikan, tapi punya banyak banget kesamaan dengan KLX150 BF, termasuk mesin dan frame-nya sama persis. Tentu kalau New KLX yang jadi acuan modifikasi, KLX150 BF milik mas bro bisa lebih awet, meskipun performanya juga nggak bakal nampol-nampol amat. Berikut modifikasi minimalis KLX150 BF agar performanya mirip seperti New KLX:

kawasaki-new-klx-klx140g-2017-029.jpg

Ganti Karburator dengan Keihin PB20

Langkah pertama yang bisa dilakukan agar performa KLX150 BF sama dengan New KLX, motor yang di Amerika Serikat dipasarkan dengan nama KLX140G, adalah dengan mengganti sistem pembakaran (karburator). Karburator standar KLX150 BF adalah Mikuni NCV24 dengan tipe vakum (constant velocity). Banyak pabrikan motor masih menggunakan karburator tipe ini karena karburator vakum mampu mencampur bahan bakar dan udara yang lebih tepat. Imbasnya sih jelas, konsumsi bahan bakar motor menjadi lebih irit.

Sayangnya karburator vakum memiliki kelemahan, terutama buat yang demen geber-geberan, yaitu gerak naik-turun skep tidak mengikuti pergerakan grip gas, melainkan sesuai dengan kevakuman ruang bakar. Gampangnya, saat grip gas ditarik, mesin nggak langsung merespon mengeluarkan ledakan power/torsi, cenderung lambat. Padahal motor off road membutuhkan tarikan yang instan. Makanya banyak yang bilang tarikan KLX150 BF lemot itu salah satu alasannya karena penggunaan karburator vakum Mikuni NCV24. Terus diganti pakai karburator apa mas?

Sesuai dengan standar New KLX, dia menggunakan karburator skep konvensional Keihin PB20. Memang venturi Keihin PB20 lebih kecil dari Mikuni NCV24. Namun, karena Keihin PB20 merupakan karburator skep, maka tarikannya menjadi lebih instan. Rasanya nggak sulit mendapatkan karburator Keihin PB20 di pasaran. Selain punya New KLX, Keihin PB20 juga dipakai pada motor Kawasaki Athlete kok, baik yang tipe baru maupun tipe lama.

kawasaki-new-klx-klx140g-2017-012.jpg

Ganti Gas Spontan

Setelah mengganti karburator dari model vakum Mikuni NCV24 ke model skep Keihin PB20, langkah selanjutnya adalah dengan mengganti grip gas dengan gas spontan. Sebenarnya ini otomatis saja ya… Gas standar KLX150 menggunakan dua tali untuk terhubung ke karburator Mikuni NCV24, sementara Keihin PB20 hanya membutuhkan satu tali gas saja. Mas bro bisa lihat, standarnya New KLX juga sudah memakai gas spontan. Tentu dengan menggunakan gas spontan tarikan motor menjadi lebih josss… Oh ya, dengan memasang gas spontan, tentu mas bro juga perlu membeli holder electric starter, lampu, dan engine kill switch.

kawasaki-new-klx-klx140g-2017-009.jpg

Ubah Gear Ratio

Agar performa KLX150 semakin mirip dengan New KLX, berikutnya mas bro perlu mengubah gear ratio. Gear ratio yang lebih besar diperlukan agar motor menjadi lebih torque, gegas, dan mudah melibas tanjakan-tanjakan tinggi. Nah, New KLX menggunakan gear depan ukuran 13T, sementara gear belakang 57T. Artinya, New KLX memiliki final gear ratio 4,384 (57/13), lebih tinggi dibandingkan dengan final gear ratio KLX150 BF senilai 3,714 (52/14). Di pasaran banyak banget yang jual gear ukuran 13-57 untuk KLX150 dari berbagai merek. Tinggal pilih sesuai selera dan isi dompet!

kawasaki-new-klx-klx140g-2017-004.jpg

Ganti Ban Off Road Tulen

Langkah terakhir modifikasi minimalis agar kemampuan off road KLX150 BF setara dengan New KLX adalah dengan mengganti ban. Ban standarnya KLX150 BF tergolong ban dual purpose dengan kembangan yang lebih rapat. So, perlu penggantian ban dengan ban off road tulen mutlak diperlukan agar grip ban menjadi lebih bagus ketika melibas medan off road. Nggak sulit mencari ban off road tulen buat KLX150 BF mulai dari merek ban lokal hingga dari brand global, karena KLX150 BF menggunakan ukuran full size ring 18-21.

kawasaki-new-klx-klx140g-2017-015.jpg


Sebenarnya masih banyak perbedaan antara New KLX dengan KLX150 BF. Misalnya saja New KLX menggunakan swing arm aluminium yang bobotnya lebih ringan, tangki bahan bakar lebih kecil, bodywork beda, suspensi teleskopik (sama dengan KLX150L), knalpot Euro 2 (sama dengan KLX150S), suspensi belakang mono shock dengan piggyback reservoir, dan lain-lain. Nggak heran kalau bobot New KLX hanya 99 kg saja. Untuk sedikit menurunkan bobot KLX150 BF agar ringan dipakai di medan off road bisa disiasati dengan melepas seluruh lampu-lampu, rear fender, hingga kick starter. Tapi untuk mengganti swing arm aluminium nggak perlu ya, terlalu mahal. Suspensi dan knalpot juga dibiarkan standar saja. Kalau ikut diganti jadi seperti New KLX nanti nggak minimalis lagi modifikasinya…

kawasaki-new-klx-klx140g-2017-017.jpg