Monster Energy Honda Team Andalkan 5 Pembalap di Rally Dakar 2017

monster-energy-honda-team-rally-dakar-2017-002

Kalau ada pabrikan yang begitu ngebet menjungkalkan dominasi KTM di ajang balap Rally Dakar, maka jawabannya itu adalah Honda. Honda boleh saja bangga bisa berhasil menguasai ajang balap motor lainnya. Tapi kalau ngomongin Rally Dakar, jelas KTM penguasanya! Nggak tanggung-tanggung, KTM itu sudah juara sebanyak 15 kali beruntun di Rally Dakar. Ini jelas membuat Honda panas dan gatal ingin mengalahkan KTM. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir Honda selalu menjadi pesaing terdekat KTM dalam perebutan gelar juara. Sayang di klasemen akhir KTM selalu beruntung menjadi yang terdepan!

Nah, untuk mewujudkan ambisinya, pada Rally Dakar 2017 nanti Honda melakukan persiapan yang amat serius. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggandeng Monster Energy menjadi sponsor utama. Nggak heran kalau di Rally Dakar 2017 nanti namanya bukan lagi Team HRC Rally, tapi berubah menjadi Monster Energy Honda Team. Bagian samping motor yang dipakai oleh tim Honda juga ditemploki dengan logo Monster Energy berukuran besar. Honda Racing Corporation (HRC) memang bukan tim balap dengan dana cekak. Malah dana yang dimiliki HRC sangat besar. Namun, dengan tambahan sokongan dana sponsor dari Monster Energy bakal membuat tim rally Honda menjadi jauh lebih kuat lagi.

monster-energy-honda-team-rally-dakar-2017-001

Selain menggandeng sponsor utama, Honda juga mengandalkan pembalap-pembalap top agar bisa meraih gelar juara Rally Dakar 2017. Nggak tanggung-tanggung, sebanyak lima pembalap dipersiapkan untuk menggempur pasukan KTM. Umumnya pembalap Honda di Rally Dakar 2017 masih sama dengan Rally Dakar 2016. Mereka antara lain Joan Barreda Bort (Spanyol), Paulo Goncalves (Portugal), Kevin Benavides (Argentina), Michael Metge (Perancis), dan Ricky Brabec (Amerika Serikat). Pada Rally Dakar 2016, prestasi pembalap-pembalap itu sudah cukup baik dan berkali-kali mampu nyodok di urutan depan. Hanya keberuntungan masih belum berpihak kepada Honda.

Bagaimana dengan motornya? Seperti biasa, untuk ajang balap Rally Dakar 2017 nanti Honda bakal mengandalkan motor CRF450 Rally versi 2017 dengan performa lebih baik ketimbang CRF450 Rally versi 2016. Motor itu memakai mesin berkapasitas 449,4 cc, DOHC, satu silinder, dan berpendingin cairan yang dipadu dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI lengkap dengan transmisi manual 6-speed. Menariknya, Honda nggak menyebutkan secara pasti berapa output power CRF450 Rally. Honda hanya mengklaim kalau power CRF450 Rally mencapai lebih dari 60 HP. Wah bikin penasaran nih… Apakah di Rally Dakar 2017 nanti Honda bisa menjungkalkan KTM? Nggak sabar nunggu Januari 2017 kiihh…

Honda CRF450 Rally Specs:

  • 449,4 cc, DOHC, 1-cylinder, liquid cooled
  • Bore x stroke 97.0 x 60.8 mm
  • Electric starter
  • Fuel injection PGM-FI
  • Transmission 6-speed
  • Lubricant Motul 300V
  • Output power over 45 kW (60,3 HP)
  • Frame aluminium twin tube
  • Sub-frame carbon fiber
  • Fuel tank plastic (front + rear)
  • Fuel tank capacity 33,7 liters
  • Front fork Showa 51 mm inverted, travel suspension 310 mm
  • Rear suspension Showa 50 mm mono shock, travel suspension 315 mm

monster-energy-honda-team-rally-dakar-2017-003

Advertisements