• Home »
  • Article »
  • Yamaha Engineering School (YES) Surabaya Luluskan 28 Teknisi Handal!

Yamaha Engineering School (YES) Surabaya Luluskan 28 Teknisi Handal!

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-003

Mas bro… Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai salah satu pabrikan motor yang besar di Indonesia memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) bernama Yamaha Engineering School (YES). Dalam program tersebut, Yamaha memberikan pelatihan kepada para lulusan SMK Otomotif/SMA IPA terpilih yang tidak memiliki biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi menjadi calon teknisi handal sesuai dengan standar Yamaha. Tentu saja pelatihan dari Yamaha diberikan secara cuma-cuma alias gratis!!

Nah, Yamaha Engineering School digelar setiap tahun di sejumlah kota. Pada tahun 2016 ini Yamaha Engineering School digelar di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Pontianak, Banjarmasin, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, dan Lampung. Khusus di Surabaya, Yamaha menggandeng PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) selaku main dealer Yamaha di wilayah Jawa Timur, Kalimantan, dan Nusa Tenggara untuk menggelar Yamaha Engineering School angkatan ke-9. Kebetulan Adventuriderz.com mendapatkan undangan dari Yamaha untuk menyaksikan acara penutupan (closing ceremony) “Yamaha Engineering School (YES) Surabaya Angkatan Ke-9” pada 25 November 2016. Seperti apa ceritanya?

Sekedar flashback, penjaringan para siswa yang layak mengikuti Yamaha Engineering School sudah dilakukan sejak Juni 2016. Dalam penjaringan itu, Yamaha Engineering School Surabaya mendapatkan total 28 orang siswa yang berasal dari Surabaya (16 orang), Malang (5 orang), dan Jember (7 orang). Para siswa terpilih kemudian digembleng selama 4,5 bulan, terhitung sejak 15 Juli sampai 25 November 2016. Rinciannya,  1 bulan mendapatkan ilmu teori di kelas, 2 bulan workshop praktek, dan 1,5 bulan on job training (OJT) atau magang sebagai teknisi di bengkel resmi Yamaha agar bisa berinteraksi langsung dengan konsumen.

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-018

Hasilnya, dari total 28 siswa yang masuk Yamaha Engineering School Surabaya Angkatan Ke-9, semuanya berhasil lulus dengan nilai yang baik. Nilai rata-rata kelas mereka adalah 81,89, sementara nilai tertinggi mencapai 86,96. Satu pertanyaan yang cukup penting, bagaimana karir para siswa Yamaha Engineering School setelah mereka lulus? Pak Ilham Wahyudi selaku General Manager Service TERR IV PT Surya Timur Sakti Jatim menyebut kalau Yamaha membuka peluang seluas-luasnya bagi mereka yang ingin bekerja sebagai teknisi Yamaha. Yamaha akan menyebar daftar siswa lulusan Yamaha Engineering School ke seluruh jaringan bengkel resmi Yamaha agar ketika mereka melamar ke bengkel tersebut bisa diterima dengan mudah. Nggak cuma itu, Pak Ilham juga memberikan penawaran kepada para siswa lulusan Yamaha Engineering School yang mau berkarir menjadi teknisi Yamaha di luar negeri. Tentunya dengan penawaran standar gaji yang lebih tinggi daripada di Indonesia! Meskipun demikian, Pak Ilham berharap tetap ada lulusan Yamaha Engineering School yang menjadi wirausaha, membuka bengkel sendiri, dan bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

FYI saja, secara nasional total lulusan Yamaha Engineering School sudah tembus 4.199 teknisi mas bro… Jumlah itu tergolong sangat banyak. Dan khusus Yamaha Engineering School Surabaya sejauh ini sudah meluluskan 260 siswa. Berdasarkan data yang diberikan oleh STSJ kepada Adventuriderz.com, sebanyak 10% lulusan Yamaha Engineering School Surabaya bekerja di Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (Yamaha Pusat), 60% bekerja di jaringan bengkel resmi Yamaha, dan 30% sisanya membuka usaha bengkel sepeda motor dan atau bekerja di perusahaan lain. Satu lagi informasi yang diterima oleh Adventuriderz.com yang boleh dibilang cukup menarik. Memang apa mas? Yamaha memiliki target jangka panjang, yaitu memiliki teknisi di jaringan bengkel resmi yamaha yang semuanya berasal dari lulusan Yamaha Engineering School. Saat ini project itu sudah dimulai, dan diharapkan ke depan target semua teknisi bengkel resmi berasal dari lulusan Yamaha Engineering School bisa tercapai. So, peluang lulusan Yamaha Engineering School bekerja di Yamaha menjadi lebih tinggi!

Last… Apapun karir yang akan diambil oleh lulusan Yamaha Engineering School, ntah itu bekerja di Yamaha, bekerja di perusahaan lain, maupun membuka usaha bengkel sendiri, yang jelas Yamaha sudah memberikan pembekalan yang cukup bagi mereka sebagai seorang teknisi yang handal. Tinggal bagaimana mereka memanfaatkan berbagai ilmu yang didapatkan dan mengembangkan kemampuan sehingga menjadi pribadi yang sukses. Anyway, selamat buat para lulusan Yamaha Engineering School Surabaya Angkatan Ke-9! Buat adik-adik lulusan SMK Otomotif atau SMA IPA, atau mas bro yang punya saudara lulusan tersebut dan ingin menjadi teknisi handal sesuai standar Yamaha, monggo daftarkan saja ke Yamaha Engineering School Angkatan Ke-10 tahun 2017 mendatang. Ikut Yamaha Engineering School nggak dipungut biaya sama sekali kok!

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-017

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-016

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-015

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-014

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-013

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-012

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-002

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-001

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-011

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-010

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-009

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-008

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-007

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-006

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-005

yamaha-engineering-school-surabaya-angkatan-9-004


Advertisements