Membandingkan Versys-X 250 dengan CRF250 Rally, Pilih Mana Bro?

honda-crf250-rally-vs-kawasaki-versys-x-250-001

EICMA 2016 yang digelar di Milan pada 8-13 November 2016 lalu dibanjiri oleh sederet motor adventure. Dua pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki dan Honda, sama-sama memikat perhatian publik dengan meluncurkan motor adventure 250 cc. Kawasaki merilis Versys-X 250, sementara Honda meluncurkan CRF250 Rally. Rencananya Versys-X 250 akan diluncurkan di Indonesia oleh Kawasaki Motor Indonesia pada 30 November 2016 nanti, sementara Astra Honda Motor (AHM) nggak menutup kemungkinan juga bakal menjual CRF250 Rally.

Baik Versys-X 250 maupun CRF250 Rally merupakan motor adventure 250 cc yang sama-sama menarik. Namun, keduanya memiliki pendekatan yang berbeda, fungsi yang berbeda, beda jumlah silinder mesin, dan karakter yang berbeda pula. Di sini Adventuriderz.com akan menjelaskan seperti apa perbedaan mendasar antara Versys-X 250 dan CRF250 Rally, sehingga mas bro nggak kebingungan menentukan pilihan ketika kedua motor tersebut dipasarkan di Indonesia di waktu mendatang. Yuk simak!

Kawasaki Versys-X 250

Pada dasarnya Versys-X 250 dikembangkan dari basis mesin Ninja 250/Z250. Artinya, Versys-X 250 menggunakan mesin 249 cc dua silinder dengan pendingin cairan. Melihat mesinnya yang dua silinder dan body bongsor, bisa dipastikan kalau Versys-X 250 merupakan motor adventure yang on road oriented. Apalagi ban yang dipakai model dual purpose dengan kembangan halus yang nyaris seperti ban tipe street, semakin memperkuat kalau Versys-X 250 lebih condong sebagai motor on road.

Versys-X 250 dipastikan nyaman digunakan untuk touring jarak jauh lintas provinsi dengan track yang dilalui 80 persen aspal, sedangkan sisanya bolehlah jalan tanah atau berupa jalan rusak. Agak gila kalau mengajak Versys-X 250 ke jalur off road, apalagi yang didominasi single track karena motor ini memiliki bobot yang berat dan tidak didesain untuk off road. Yang ada cuma nyiksa badan. Meskipun ban Versys-X 250 sudah diganti dengan kembangan kasar, nggak akan cukup membantu di jalur off road. Sisi menarik lainnya, Versys-X 250 nyaman dipakai untuk riding tandem (boncengan) jarak jauh sekalipun!

kawasaki-versys-x-250-2017-017

Honda CRF250 Rally

Nah, CRF250 Rally merupakan motor adventure yang dikembangkan dari sosok motor dual sport CRF250L. Nggak heran kalau body CRF250 Rally begitu ramping layaknya motor trail dual sport. Hanya saja CRF250 Rally diberi aksen headlamp khas motor rally, CRF450 Rally, yang biasa dipakai untuk lomba balap off road jarak jauh, Rally Dakar. Mesin CRF250 Rally dipastikan sama persis dengan CRF250L, berupa mesin 249 cc satu silinder berpendingin cairan. Power yang dikeluarkan oleh mesin ini memang nggak terlalu besar, hanya sekitar 24 HP. Namun karena mesin satu silinder, dipastikan torsinya lumayan nampol.

Dengan body ramping, ringkas, dan jok sempit khas motor trail, mesin satu silinder yang torque, serta bobotnya yang lumayan enteng untuk ukuran motor adventure, CRF250 Rally lebih cocok dipakai sebagai motor adventure yang beneran adventure. Maksudnya mas? Iya, jadi CRF250 Rally memiliki karakter off road yang kuat (off road oriented). Bisa dilihat dari travel suspension yang panjang, ground clearance tinggi, velg jari-jari ring 18-21, hingga ban dual purpose dengan kembangan kasar. Pasti sangat maknyus memakai CRF250 Rally untuk mengeksplor tempat-tempat eksotis yang belum banyak terjamah, mulai dari taman nasional dengan jalanan didominasi gravel dan tanah, pegunungan yang penuh jalur single track, hingga susur pantai dengan medan berpasir. Walaupun CRF250 Rally bukan motor yang didesain untuk hardcore off road, namun setidaknya kemampuan off road motor ini jauh lebih baik daripada Versys-X 250.

Tapi tentu saja CRF250 Rally kurang nyaman dipakai untuk perjalanan jarak jauh lantaran joknya yang sempit dan tipis layaknya motor trail… Bikin bokong panas mas bro… Selain itu, CRF250 Rally nggak nyaman dipakai riding tandem (berboncengan). Alasannya sama, karena joknya itu tadi bisa bikin stres boncenger. Mesin satu silinder CRF250 Rally pastinya juga bekerja lebih keras dibandingkan mesin dua silinder Versys-X 250 saat dipakai jarak jauh. Kurang nyaman bukan berarti nggak bisa ya… Tinggal pintar-pintar mengatur ritme saja, berapa lama riding dan kapan mesti istirahat. Apalagi pada CRF250 Rally memiliki windscreen yang tinggi, setidaknya membantu agar motor sedikit nyaman dipakai jarak jauh karena body rider nggak kena terpaan angin secara langsung. Toh Adventuriderz.com pernah riding lebih dari 4.000 km mengelilingi seluruh taman nasional di Pulau Jawa (National Park Explorer) lebih dari tiga minggu, mixed on road dan off road, menggunakan motor trail 200 cc. Nggak masalah dan nggak ada stres berlebih…

honda-crf250-rally-2017-001

So, mau pilih Versys-X 250 atau CRF250 Rally itu tergantung dari gaya adventure masing-masing… Buat yang demen touring jarak jauh lintas provinsi dengan melewati medan off road yang minimalis tentu saja Versys-X 250 menjadi pilihan yang pas. Mesin dua silinder Versys-X 250 jelas nggak stres digeber maksimal dalam jangka waktu panjang saat perjalanan jarak jauh. Sebaliknya, kalau demen adventure yang lebih didominasi off road ketimbang on road-nya ya langsung deh nggak perlu pikir panjang, ambil CRF250 Rally! Kalau boleh jujur, Kawasaki Versys-X 250 itu lebih pas dibandingkan dengan Suzuki V-Strom 250 ketimbang Honda CRF250 Rally.

Advertisements