PJLM: Motor Trail Murah KTM Berpeluang Pakai Mesin 200-250 cc



ktm_uk-1478348794281.jpg

Mas bro… PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) yang sekarang menjadi distributor resmi street bike KTM under 400 cc di Indonesia ternyata juga ingin melebarkan sayapnya dengan menjual motor trail. Tentunya motor trail entry level dengan harga murah, bukan motor trail high end berharga mahal seperti yang dimiliki oleh KTM sekarang ini. Bahkan untuk merealisasikan niat tersebut PJLM sudah meminta kepada prinsipal agar mau membuat motor trail entry level khusus untuk market Indonesia dan nggak menutup kemungkinan negara-negara berkembang lainnya.

Di artikel sebelumnya (monggo klik), Pak Dalie selaku Sales and Marketing Strategic Advisor PT PJLM mengatakan bahwa market motor trail entry level di Indonesia itu besar dan sangat potensial, jadi sayang kalau KTM nggak ikutan terjun ke segmen motor trail entry level. Apalagi KTM sudah sangat dikenal sebagai produsen motor trail yang handal. Menurut Pak Dalie, PJLM sudah usul ke prinsipal mengenai motor trail entry level ini. Namun proses pengembangan produk di KTM memang sangat ketat dan butuh waktu yang nggak sebentar. Imbasnya, kemungkinan motor trail entry level dari KTM untuk pasar Indonesia baru tersedia pada tahun 2018 mendatang.

“Untuk motor trail, kita sudah mengusulkan langsung ke prinsipal, karena secara image, KTM kan juga terkenal dengan model-model trailnya. Tapi yang jelas, kita sudah menunjukkan kepada mereka bahwa market Indonesia di segmen trail entry level itu cukup besar dan potensial. Doakan saja semoga tahun 2018 sudah tersedia,” kata Pak Dalie.



KTM-2017-enduro_500-EXC-F_Stripped_-90_left_1500

Flashback ke GIIAS 2016 lalu, Pak Kristianto Goenadi sebagai Presiden Direktur PT PJLM bilang ke Adventuriderz.com, motor trail entry level KTM berpeluang menggunakan mesin 150 cc 4T agar bisa bersaing dengan kompetitor (Kawasaki KLX150 & calon Honda CRF150L). Tapi belakangan Pak Dalie mengatakan kepada Otomotifnet.com kalau motor trail entry level KTM nanti berpotensi menggunakan mesin 200-250 cc. Kira-kira basis mesin motor apa ya yang akan dipakai oleh KTM untuk membangun motor trail murah ini?

Boleh dibilang seluruh lineup motor trail KTM yang ada sekarang menggunakan mesin yang spesial dan frame yang spesial pula. Nggak ada yang harganya murah, bahkan yang memiliki kapasitas mesin paling kecil sekalipun. Opsi paling memungkinkan agar trail entry level nanti berharga murah adalah dengan menggunakan basis mesin Duke series. Terbukti harga Duke sekarang lumayan terjangkau, dan ini pastinya bisa digarap menjadi mesin trail yang murah-meriah tapi tetap memiliki performa yahud. Mau bikin trail entry level 250 cc ya tinggal comot mesin Duke 250, kalau 200 cc ambil dari Duke 200, atau kalau mau ngisi 150 cc bisa nyomot mesin Duke 125 kemudian dinaikkan kapasitasnya.

ktm-250-duke-2017-001

Kenapa kok penggunaan mesin Duke series paling memungkinkan? Karena basis mesinnya sudah ada. KTM nggak perlu develop mesin dari nol. Nanti mesin Duke series itu tinggal di-tuning ulang agar karakternya cocok dipasang di motor trail. Toh ini adalah motor trail entry level yang menitikberatkan pada harga terjangkau dan mesti bisa dijual on the road (street legal), jadi performa mesinnya nggak perlu seberingas motor enduro atau motocross KTM yang sudah ada. Kemudian dari segi frame dan bobot pastinya nggak seistimewa motor trail high end. Misalnya motor trail entry level ini nanti pakai basis mesin Duke 200, bobot total motor 117-120 kg, plus harganya Rp 40 jutaan udah manis banget!!

Lho kan Duke series itu street bike mas? Apa bisa mesinnya dipakai untuk trail? FYI saja, sudah banyak pabrikan motor saling berbagi mesin antara street bike dan trail atau sebaliknya. Contoh: Honda CRF250L dan CRF250 Rally menggunakan mesin yang sama dengan CBR250R; Kawasaki KLX250S saling berbagi mesin dengan Ninja RR Mono/Z250SL; kemudian mesin Minarelli M/C 125 milik Yamaha YZF-R125/MT-125/V-Ixion/YZF-R15/Xabre itu terpasang pada sejumlah motor trail seperti Yamaha WR125R, Beta RR Enduro 125 LC, Fantic Caballero 125E & 200E, Rieju Marathon 125 Pro & 200 Pro, dan masih banyak lagi yang lainnya. So, penggunaan mesin street bike di motor trail nggak ada masalah sama sekali… Udah umum mas bro!!

Advertisements