AHM Dipastikan Pakai Basis Mesin Verza Pada Motor Trail 150 cc!

Kabar mengenai kehadiran motor trail 150 cc buatan Astra Honda Motor (AHM) semakin hari semakin santer saja nih mas bro… Memang rumor kehadiran motor trail 150 cc dari AHM sudah menyeruak sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan banyak dari mas bro sekalian yang sudah bosan membaca berita mengenai trail 150 cc AHM karena nggak kunjung muncul juga. Namun Adventuriderz.com bisa memastikan motor itu bakal muncul tahun depan. Semua butuh proses yang super panjang dan jelimet. Mulai dari riset market hingga proses pengembangan produk itu sendiri.

Seperti yang sudah sering Adventuriderz.com katakan, AHM mulai masuk ke segmen trail tahun depan dengan meluncurkan produk flagship CRF1000L Africa Twin yang notabene mengusung genre sebagai motor adventure. Wujud Africa Twin sudah pernah ditampilkan di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016. Meskipun belum resmi dirilis, AHM sudah membukukan pesanan sebanyak empat unit Africa Twin. Setelah Africa Twin dirilis, kemudian CRF250L akan diluncurkan oleh AHM. Ingat, dua produk tadi bukan tulang punggung penjualan utama AHM di segmen trail, sebab produk pamungkasnya adalah motor trail 150 cc yang untuk sementara waktu kita sebut saja dengan CRF150L. CRF150L inilah yang bakal menjadi volume maker dan menjadi pesaing serius Kawasaki KLX150 yang sekarang jadi penguasa pasar. Kok bisa yakin mas?

Kabar kehadiran CRF150L memang sudah lama masuk ke newsroom Adventuriderz.com. Baru-baru ini indikasi itu semakin menguat dan AHM sudah mulai buka-bukaan. Bahkan mesin yang akan dipakai pada CRF150L sudah gamblang… Dikutip dari Motorplus Online, Direktur Marketing AHM Pak Margono Tanuwijaya pernah bilang kalau manajemen sudah melakukan rapat pada Juni atau Juli lalu terkait dengan mesin yang akan dipakai oleh si trail 150 cc. Pilihannya adalah mesin DOHC berpendingin cairan milik Sonic atau mesin SOHC berpendingin udara dari Verza. Akhirnya diputuskan bahwa trail 150 cc buatan AHM menggunakan mesin Verza!!!

Banyak alasan sampai akhirnya AHM memilih mesin Verza ketimbang mesin Sonic. Alasannya memang sangat logis, mulai dari biaya produksi menggunakan basis mesin Verza jauh lebih murah lantaran mesin lebih sederhana dan nggak pakai radiator, aplikasi di lapangan lebih simple, mesin Verza sudah terbukti battle proven dan nggak rewel dipakai adventure, dan alasan lainnya adalah lawan CRF150L hanya KLX150 yang juga menggunakan mesin SOHC berpendingin udara. Jadi CRF150L memang benar-benar dibenturkan dengan KLX150…

Bagi konsumen sebenarnya juga diuntungkan kok dengan penggunaan mesin Verza. Kenapa? Basis mesin Verza ini lebih simple sehingga perawatannya mudah dan murah, suku cadang lebih gampang karena Verza-nya sendiri sudah lama nongol di pasaran, dan bobotnya lebih enteng buat ngetrail. Satu lagi alasan yang nggak kalah menarik, mesin Verza gampang banget dioprek. Sekarang saja udah nggak terhitung berapa motor trail odong-odong rakitan yang pakai mesin Verza… So, kalau media otomotif besar sekelas Motorplus saja cukup pede menyebut trail 150 cc AHM bermesin Verza, bisa dipastikan motor ini nongol nggak lama lagi. Gimana, siap menyambut trail 150 cc AHM? Sabaaaar… Tunggu tahun depan!

Note: Foto CRF150F di atas hanya sebagai ilustrasi, wujud asli CRF150L belum kelihatan

Advertisements