• Home »
  • Article »
  • TPT Uji Tipe Cleveland FXR 125 Kelar, Tahun 2017 Dijual On The Road!

TPT Uji Tipe Cleveland FXR 125 Kelar, Tahun 2017 Dijual On The Road!


Beberapa waktu yang lalu dituliskan dalam blog ini kalau pendaftaran TPT uji tipe Cleveland FXR 125 di Kementerian Perindustrian memiliki status batal (B). Tapi sesuai prediksi, nggak butuh waktu lama bagi PT Sumatra Motor Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) Cleveland CycleWerks Indonesia untuk mendaftarkan ulang TPT uji tipe motor tersebut. Kini terpantau TPT uji tipe Cleveland FXR 125 statusnya sudah selesai (S) dan mendapatkan nomor TPT 1348/ILMATE/TPT/12/2016 (44149). Artinya, FXR 125 menyusul Hooligun 250 yang TPT uji tipenya sudah selesai lebih dahulu. Memang TPT buat apa mas?

Jadi TPT uji tipe itu merupakan sebuah proses yang harus dijalani oleh seluruh kendaraan bermotor jika ingin dijual secara on the road di Indonesia. Nantinya kendaraan dites, apakah comply dengan regulasi emisi, kebisingan, dan standar keselamatan yang berlaku di Indonesia atau tidak. Kalau comply ya langsung go ahead… Perusahaan yang mengajukan proses uji tipe sebuah produk bisa beranjak ke langkah berikutnya dengan mengajukan TPT impor atau TPT produksi. Misal produk masih didatangkan dari luar negeri, yang diajukan adalah TPT impor, sedangkan jika produk diproduksi atau dirakit di Indonesia, maka yang diajukan adalah TPT produksi. Setelah melalui seluruh proses itu, barulah kendaraan bisa dijual secara on the road (street legal), sehingga seluruh surat-surat (STNK, TNKB, BPKP) bisa keluar.

Sebenarnya Cleveland sudah menjual FXR di Indonesia. Namun penjualan masih dalam bentuk off the road, nggak ada surat-suratnya. Jadi belinya pun nggak bisa dikredit. Selain itu, FXR yang sudah dijual sekarang itu menggunakan mesin 110 cc, sementara yang didaftarkan TPT uji tipenya adalah FXR 125. Kapasitas mesin lebih besar, pasti tenaga motor trail unik dengan ban ring 21-21 inch ini jadi lebih nampol. Terus kapan FXR 125 street legal mulai dijual di Indonesia? Info yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com menyebutkan FXR 125 street legal bakal tersedia di pasaran pada awal tahun 2017 mendatang. Harganya jelas lebih mahal ketimbang FXR 110 yang sudah tembus Rp 32 juta off the road!


Advertisements