Peminat Tinggi, AHM Mestinya Pertimbangkan Honda CRF250 Rally!

Dua pabrikan motor asal Jepang, Honda dan Kawasaki, telah meluncurkan motor adventure 250 cc. Sebenarnya tiga sih, ditambah dengan Suzuki. Mereka mulai masuk ke segmen ini karena permintaan terhadap motor adventure 250 cc cukup tinggi. Tapi di sisi lain pabrikan yang menggarap segmen ini sangat minim. Honda masuk lewat CRF250 Rally, Kawasaki mengandalkan Versys-X 250, dan Suzuki memiliki V-Strom 250. Kawasaki sudah memasukkan Versys-X 250 lebih dahulu ke Indonesia, tinggal menunggu produk dari Honda (dan Suzuki).

Kalau berkaca pooling yang dibuat oleh Mas Vandra Monkeymotoblog.com ketika mengadu antara CRF250 Rally dan Versys-X 250, Astra Honda Motor (AHM) yang notabene ATPM Honda di Indonesia wajib mempertimbangkan CRF250 Rally deh… Malah bukan mempertimbangkan lagi, tapi mesti memboyongnya ke sini. Kenapa? Dari pooling itu ternyata banyak yang memilih CRF250 Rally untuk ber-adventure ria ketimbang Versys-X 250. Komposisinya nyaris 64 persen voters lebih suka dengan CRF250 Rally, sementara hanya 36 persen voters yang tertarik pada Versys-X 250.

Memang sih jumlah voters yang mengikuti pooling hanya sekitar 300 orang. Tapi paling nggak itu bisa menjadi sedikit gambaran kalau CRF250 Rally memang diminati oleh konsumen di Indonesia. Desainnya yang cakep sebagai motor adventure, body ramping, travel suspension tinggi, ground clearance tinggi, mesin satu silinder torque, ban dual purpose dengan kembangan kasar, dan bobot ringan sepertinya masih lebih memikat penggemar motor adventure karena karater motor seperti ini lebih luwes ketika dipakai untuk adventure di medan yang sulit, meskipun di satu sisi CRF250 Rally nggak lebih nyaman kalau dipakai untuk perjalanan jarak jauh yang didominasi aspal mulus.

Nah, sampai saat ini sih AHM terpantau sudah mendaftarkan TPT uji tipe dan TPT impor motor dengan kode Honda CRF250RLH IN M/T. Kalau dilihat dari kodenya sih dipastikan CRF250. Cuma apakah CRF250L yang bergenre motor dual sport atau CRF250 Rally yang bergenre adventure, kita belum bisa tahu dengan gamblang. Tapi kayaknya lebih condong ke CRF250L deh… Kalau memang kode itu untuk CRF250L, sudah sepantasnya AHM juga ikut memasukkan CRF250 Rally sebagai tandem bagi CRF250L. Apalagi kedua motor dikembangkan dari basis yang sama persis dan sama-sama diproduksi di Thailand. Dengan bandrol harga yang pas, bukan nggak mungkin CRF250 Rally jauh lebih kuat memikat konsumen daripada Versys-X 250!

Advertisements