CRF450RX Jadi Bukti Honda Semakin Serius Garap Motor Enduro

Selama ini brand motor asal Jepang terlihat kurang fokus dalam menggarap pasar motor enduro. Di segmen mtoor trail, brand motor asal Jepang lebih kuat pada varian motor dual sport dan motocross. Kalaupun ada yang masih cukup rajin menggelontorkan motor enduro, itu adalah Yamaha. Bukan berarti yang lain nggak punya lineup motor enduro ya, tapi mereka nggak benar-benar all out. Apalagi kalau dibandingkan dengan brand-brand asal Eropa. Wah tertinggal jauh banget bro!

Meskipun demikian, perlahan tapi pasti brand motor asal Jepang mulai ingin serius menggarap segmen motor enduro. Salah satunya adalah Honda yang belum lama ini meluncurkan CRF450RX, sebuah motor enduro yang dibangun dari basis motocross CRF450R. Malah kabarnya CRF450RX merupakan motor yang didaulat sebagai pengganti CRF450X. Menariknya, kalau dulu CRF450X tergolong sebagai motor enduro cross country, tanpa adanya lampu-lampu, dan biasanya hanya dipakai untuk balapan enduro di lintasan tertutup maupun balap cross country di lintasan tertutup. Di sisi lain, CRF450RX tampil sebagai motor enduro tulen, lengkap dengan lampu-lampu, layaknya motor enduro Eropa seperti KTM EXC atau Husky FE series.

Setelah meluncurkan motor enduro CRF450RX, mestinya Honda kembali meluncurkan lineup varian lain yang tergolong sebagai motor enduro tulen, sebut saja CRF250RX. Honda nggak boleh kalah dengan Yamaha yang sudah mempunyai banyak lineup motor enduro. Contoh motor Yamaha yang tergolong enduro tulen adalah WR250F dan WR450F, sementara yang masuk ke dalam kategori enduro cross country ada YZ250X, YZ250FX, dan YZ450FX. Lineup motor enduro Honda nggak perlu lah selengkap KTM, Husky, Sherco, atau Beta karena keempat brand Eropa itu memang spesialis motor enduro. Tapi paling nggak deretan motor enduro Honda mesti lebih variatif dari yang ada sekarang. Sebelum CRF450RX diluncurkan, motor enduro Honda cuma CRF250X dan CRF450X. Itupun keduanya tergolong sebagai motor enduro cross country. Sangat minim lineup-nya… Mudah-mudahan saja setelah CRF450RX lineup motor enduro Honda bertambah!

Advertisements