Test Ride Singkat Motor Trail Gazgas GE 250 GZ1 Seharga Rp 67 Jutaan



Beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com mendapatkan undangan mengikuti company gathering dari brand motor lokal yang berbasis di Pasuruan, Gazgas. Agenda utama Adventuriderz.com memenuhi undangan itu adalah untuk test ride motor trail baru Gazgas yang sekarang belum resmi diluncurkan. So, kalau tanya motor barunya apa, hasil test ride-nya seperti apa, performanya gimana, dan harganya berapa, saat ini belum bisa dipublikasikan bro… Nanti saat motor itu sudah resmi dirilis ke pasaran, bakal kita buka semuanya dengan detail dan lengkap.

Nah… Sembari menunggu motor trail baru dari Gazgas resmi diluncurkan, nggak ada salahnya kalau kita membahas mengenai trail flagship Gazgas GE 250 GZ1. Kenapa kok dibilang flagship? Karena GE 250 GZ1 merupakan salah satu motor trail paling mahal yang dimiliki oleh Gazgas. Harganya tembus Rp 67,5 juta off the road untuk varian special edition danRp 60 juta off the road pada varian standar. Tentu mas bro banyak yang bertanya-tanya, seperti apa performa GE 250 GZ1 yang harganya dipatok lebih dari Rp 60 juta itu??



Sekedar flashback saja… GE 250 GZ1 merupakan motor trail yang menggunakan mesin Zongshen. Mengandalkan mesin berkapasitas 249 cc, SOHC, dan berpendingin cairan, tenaga GE 250 GZ1 diklaim nyaris tembus 25 HP di putaran mesin 9.000 rpm dengan torsi maksimal 22 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Mungkin di luar sana ada banyak brand yang menggunakan basis mesin serupa. Namun menurut Adventuriderz.com ada dua hal menarik yang terdapat pada GE 250 GZ1. Pertama, motor ini menggunakan frame yang seluruhnya terbuat dari bahan aluminium, membuat bobot motor menjadi lebih ringan, hanya 117,5 kg saja. Sedangkan hal menarik yang kedua ada di bagian suspensi, di mana GE 250 GZ1 menggunakan suspensi depan upside down dengan merek Fastace dan suspensi belakang mono shock yang juga buatan Fastace. Baik suspensi depan maupun belakang bersifat fully adjustable alias bisa di-setup dengan mudah sesuai dengan kebutuhan maupun karakter si rider. Spesifikasi lengkap mengenai GE 250 GZ1 bisa bro lihat sendiri di website Gazgas Indonesia.

Lalu gimana impresi nunggang GE 250 GZ1 mas? Terus terang saja Adventuriderz.com hanya sebentar saja nyicipin GE 250 GZ1 karena fokus test ride bukanlah motor ini, melainkan si motor trail baru, sehingga nggak bisa maksimal merasakan bagaimana karakter GE 250 GZ1. Impresi pertama, GE 250 GZ1 tergolong motor trail yang tinggi. Maklum saja seat height-nya mencapai 940 mm, jelas kurang bersahabat bagi tinggi badan kebanyakan orang Indonesia. Di jalur off road yang sulit, dijamin motor setinggi ini sangat mengintimidasi. Meskipun bobotnya nggak berat-berat amat (117,5 kg), tapi tetap saja perlu skill dan jam terbang yang cukup untuk bisa menaklukkan GE 250 GZ1 di medan off road. Apalagi tarikan mesinnya lumayan galak. Mesin GE 250 GZ1 itu bisa kalem kalau diperlakukan dengan kalem, namun bisa seketika menjadi buas jika diperlakukan dengan kasar.

Suspensi GE 250 GZ1 sendiri nggak bisa dikatakan empuk, tapi cukup oke saat digeber dalam kecepatan tinggi di track keriting. Mengenai suspensi ini memang jadi preferensi masing-masing rider. Ada yang demen soft, medium, dan ada pula yang senang suspensi hard. Tinggal setup ulang saja sesuai dengan kesukaanya seperti apa. Satu hal yang agak mengganjal, GE 250 GZ1 warna merah yang dites kemarin memiliki handling yang lumayan berat. Adventuriderz.com kurang paham apakah karakter semua unit GE 250 GZ1 memang seperti itu atau unit yang dites kurang sehat? Yang jelas dengan handling lumayan berat, GE 250 GZ1 cepat menguras tenaga. Padahal jalur yang dilewati ketika mengetes GE 250 GZ1 adalah open track yang luas dengan sedikit bebatuan, belum masuk ke jalur yang lebih technical. Kayak apa rasanya kalau lewat jalur yang didominasi dengan single track ya? Kudu banyak doa, terus siapin cemilan dan minuman yang cukup. Xixixixixi…

Last, apakah GE 250 GZ1 dengan harga Rp 60-67 jutaan itu layak dibeli? Buat yang demen motor trail keren, tinggi, gagah, pakai frame aluminium, suspensi Fastace, dan mesin berpedingin radiator dengan performa tinggi, GE 250 GZ1 bisa menjadi salah satu opsi. Apalagi di akhir tahun 2016 ini Gazgas memberikan diskon yang lumayan bagi GE 250 GZ1, yaitu varian standar turun harga jadi Rp 50 juta dan varian special edition bisa dibawa pulang dengan harga Rp 60 juta. Tapi kalau bro mencari motor off road yang menyenangkan, nggak mengintimidasi, nggak tinggi, mesin sederhana, lumayan bertenaga, dan harganya jauh lebih murah, dalam waktu dekat Gazgas akan meluncurkan motor trail baru dengan karakter seperti itu. Tunggu saja ulasannya di Adventuriderz.com!

Advertisements