Marc Marquez Juara Balap Flat Track Superprestigio di Barcelona



Marc Marquez

Tidak ada yang menyangkal, Marc Marquez merupakan pembalap yang memiliki talenta sangat tinggi. Di usianya yang masih sangat muda, dia berhasil membukukan tiga kali juara dunia MotoGP. Itu belum termasuk sejumlah rekor yang dia catatkan sepanjang mengikuti balap motor prototipe tersebut. Namun ternyata, kepiawaian Marquez nggak cuma berlaku di MotoGP saja. Dia belum lama ini mengikuti ajang balap Enduro del Segre 2016 menggunakan motor Honda CRF450RX dengan performa yang cukup lumayan. Nah, yang terbaru, Marquez berhasil menggenggam juara ajang balap flat track Superprestigio di Barcelona, Sabtu (17/12/2016) malam kemarin!

Pada dasarnya ajang balap flat track itu mirip seperti supermoto. Tapi menggunakan track yang kotor dan berdebu, bukan aspal yang clean dan bukan pula sirkuit tanah murni. Flat track memang nggak populer di Indonesia. Tapi di Eropa maupun Amerika Serikat balap ini lumayan populer dan sudah menjadi agenda rutin. Bahkan pembalap MotoGP papan atas seperti Valentino Rossi pun memiliki ranch (sirkuit pribadi) di Tavullia- Italia yang secara khusus dipakai untuk latihan flat track. Sejumlah pembalap beken MotoGP sering kok diundang fun race di sirkuit flat track miliki Rossi ini. Oh ya, beberapa pembalap muda Yamaha Indonesia juga sempat digembleng menggunakan sirkuit dan motor flat track di ranch milik Rossi.

Brad Baker

Kembali membahas mengenai Superprestigio… Dalam ajang balap di akhir pekan kemarin Marquez berhasil mengalahkan mantan juara AMA Pro Flat Track Champion Brad Baker yang seringkali menjadi pembalap unggulan di ajang flat track. Kenapa? Karena Brad Baker melakukan kesalahan dalam pemilihan ban, membuatnya kesulitan dalam race dan harus puas berada di podium ketiga. Secara mengejutkan mantan pembalap MotoGP Toni Elias justru berhasil nyodok di podium kedua tepat di bawah Marquez…

Yups… Memang nggak mengherankan kalau Marc Marquez berhasil menggondol juara balap flat track Superprestigio 2016 di Barcelona, mengalahkan pembalap yang sudah malang-melintang di ajang ini sekalipun. Talenta bocah yang satu ini sangat luar biasa, ditunjang dengan skill yang sangat mumpuni plus nggak jarang menggunakan aksi-aksi nekat. MotoGP jago, motocross piawai, enduro lumayan meski belum bisa dibilang jago, dan di flat track dia pernah berhasil mengalahkan Valentino Rossi waktu diundang di Ranch Tavullia. Segudang prestasi yang didapatkan oleh Marquez juga nggak lepas dari dukungan penuh dari Honda Racing Corporation (HRC). So, Marc Marquez memang bocah ajaib! Congrats Marc!!



Advertisements