KTM 390 Adventure Memang Punya Aura Off Road yang Kental!

Bro sekalian… Beberapa hari yang lalu jagad otomotif roda dua dihebohkan dengan kemunculan spy shots prototipe KTM 390 Adventure yang sedang dites di jalanan Spanyol, dekat dengan pusat pengetesan motor KTM di negara tersebut. 390 Adventure merupakan motor adventure bermesin kecil dari pabrikan asal Austria yang rencananya bertempur di liga yang sama dengan Honda CRF250 Rally, Kawasaki Versys-X 250/300, Suzuki V-Strom 250, dan BMW G 310 GS. Sejumlah media otomotif ternama dunia mempublikasikan foto spy shots KTM 390 Adventure, termasuk di antaranya adalah Cycle World dan Motorcyclist Online.

Jika diperhatikan dengan seksama, wujud 390 Adventure memang garang, cakep, dan gagah. Motor ini menggunakan frame model tubular khas KTM, ground clearance tinggi, travel suspension panjang, knalpot menjulang tinggi, di bawah mesin dipasangi skid plate, jok sempit layaknya motor trail, dan bodywork yang terinspirasi dari 450 Rally, motor yang dipakai dalam ajang balap Rally Dakar. Dari situ saja sangat terlihat kalau 390 Adventure memiliki aura off road yang sangat kental (off road oriented). Apalagi 390 Adventure juga dibekali dengan rim jari-jari dengan ban berukuran 18 inch di bagian belakang dan 21 inch di bagian depan, membuat kesan off road-nya dapet bangeeett!

Menariknya… Bukan nggak mungkin KTM menyediakan dua versi 390 Adventure ketika dipasarkan nanti. Kenapa? Dalam spy shots yang dipublikasikan oleh Cycle World terlihat prototipe 390 Adventure menggunakan ban dual purpose dengan kembangan yang agak kasar, sedangkan pada spy shots milik Motorcyclist Online prototipe 390 Adventure diuji menggunakan ban dengan kembangan yang lebih halus layaknya ban street bike. Menyediakan dua varian atau lebih pada motor adventure memang sudah jadi kebiasaan KTM. Misal 390 Adventure merupakan varian basic yang lebih on road oriented, sedangkan 390 Adventure R menjadi varian yang lebih tinggi dengan kemampuan off road lebih baik. Hal itu juga diaplikasikan oleh KTM pada motor adventure yang mesinnya lebih besar seperti 1290 Super Adventure series da 1090 Adventure series.

Sejumlah informasi yang beredar menyebut kalau 390 Adventure dikembangkan dari basis 390 Duke terbaru (model year 2017) yang diperkirakan bisa memuntahkan tenaga sebesar 44 HP dan torsi maksimal sebesar 35 Nm. Dengan power dan torsi sebesar itu, bisa dipastikan 390 Adventure menjadi yang paling powerful di kelasnya. Tapi menurut Motorcyclist Online, meskipun prototipe motor adventure baru ini menggunakan mesin satu silinder yang compact dan bentuknya mirip seperti mesin 390 Duke, bisa saja mesin itu memiliki kapasitas yang lebih besar. Mungkinkah mesin baru 500 cc atau 600 cc untuk menggantikan 690 Enduro R??

Adventuriderz.com sih tetap berharap motor adventure terbaru dari KTM menggunakan mesin 390 cc milik 390 Duke. Lebih baik lagi kalau KTM menyediakan versi 250 cc menggunakan basis mesin 250 Duke. Bagi pabrikan sebesar KTM tentu nggak sulit merealisasikannya. Toh antara 390 Adventure dan 250 Adventure (misalnya) bisa menggunakan satu platform yang sama seperti halnya 390 Duke dan 250 Duke yang ada sekarang. Tapi ada satu hal yang membuat mengernyitkan dahi pada prototipe 390 Adventure nih bro… Tangki bahan bakarnya kecil banget, kayak motor trail. Sudah semestinya nanti di versi produksi massal KTM memasang tangki bahan bakar yang kapasitasnya jauh lebih besar. Soalnya ini motor adventure, biasa dipakai dalam perjalanan jarak jauh yang dipadu dengan melintasi jalanan off road. Jelas merepotkan kalau tangkinya sekecil itu. Kita juga nggak bisa memungkiri spy shots yang beredar ini merupakan desain prototipe yang masih tahap awal banget. Versi produksi massalnya kemungkinan bisa lumayan banyak bedanya. Ya sudah… Kita nantikan saja kehadiran 390 Adventure dan (yang sangat diharapkan) 250 Adventure. Kabarnya sih 2018 baru diperkenalkan ke publik dan 2019 nongol di pasaran. Semoga saja lebih cepat ya!

Advertisements