Hero Ikut Terjun di Dakar 2017, Siapa Saja Pembalapnya??



Salah satu ajang balap off road paling kejam di dunia, Rally Dakar 2017, rupanya nggak cuma diramaikan oleh tim-tim pabrikan maupun tim besar macam Red Bull KTM Factory Rally Team, Rockstar Energy Husqvarna Factory Rally Team, Monster Energy Honda Team, Yamalube Yamaha Official Rally Team, dan Sherco TVS Rally Factory Team. Tapi juga diikuti oleh tim maupun pabrikan yang kurang dikenal di dunia off road. Salah satunya adalah pabrikan asal India yang mengusung nama Hero Motorsport Team Rally.

Yups… Hero bukanlah pabrikan kecil. Malah di India saja Hero tergolong sebagai salah satu pabrikan motor terbesar. Keikutsertaan Hero di ajang balap Dakar 2017 tentu saja untuk meningkatkan brand awareness dunia internasional terhadap merek motor yang satu ini. Mungkin juara atau podium bukanlah target utama Hero di Dakar 2017. Tapi setidaknya dengan terjun langsung di Dakar 2017 Hero bisa mendapatkan publikasi yang lumayan masif, plus bisa melakukan riset dalam rangka pengembangan motor off road di masa yang akan datang. Terus bagaimana caranya Hero ikut dalam Dakar 2017, padahal dia nggak punya pengalaman sama sekali di segmen motor off road??

Berbeda dengan TVS yang menggandeng pabrikan motor kaya pengalaman di dunia off road yaitu Sherco, Hero lebih memilih tim yang banyak makan asam garam di ajang rally. Tim yang digandeng oleh Hero itu adalah Speedbrain. Di dunia rally, khususnya Dakar, Speedbrain bukanlah nama yang asing. Bahkan Speedbrain tergolong sebagai tim besar yang memiliki segudang pengalaman. Sebelum bergandengan dengan Hero, Speedbrain pernah menangani tim rally official dari Husqvarna, kemudian pada Dakar 2016 lalu Speedbrain melakukan kerjasama dengan Honda dan menaungi dua rider papan atas Dakar, Joan Barreda dan Paulo Goncalves.



Nah… Di Dakar 2017 nanti Hero Motorsport Team Rally bakal mengandalkan motor Speedbrain 450 Rally. Sepertinya Speedbrain 450 Rally merupakan motor hasil pengembangan Speedbrain sendiri. Terlihat motor ini menggunakan frame model trellis, suspensi dari OS Racing, dan knalpot buatan Akrapovic. Untuk rim, Speedbrain mempercayakan pada Excel, sedangkan karet bundar menggunakan produk buatan Michelin. Tidak diketahui bagaimana jeroan mesin Speedbrain 450 Rally, apakah memang benar-benar sebuah mesin yang dikembangkan sendiri atau membeli lisensi dari pabrikan lain.

Rencananya pada Dakar 2017 yang dimulai Januari nanti, Hero Motorsport Team Rally akan mengandalkan dua orang pembalap saja. Mereka adalah CS Santosh dan Joaquim Rodrigues. Sebagai tim anyar, kemungkinan target yang dicanangkan oleh Hero Motorsport Team Rally nggak muluk-muluk. Masing-masing pembalap bisa masuk ke posisi 10 besar saja rasanya sudah prestasi yang amat baik. Bukan rahasia lagi kalau Dakar merupakan kompetisi yang amat ketat. Pabrikan-pabrikan besar dengan sumber daya yang jauh lebih melimpah seperti KTM, Husqvarna, Honda, dan Yamaha tentu masih akan mendominasi di Dakar 2017 nanti. Kita nantikan saja ya…

Advertisements