KTM 500 EXC-F Six Days Diubah Jadi Supermoto… Siap Braaaaaap!

Di pertengahan tahun 2016 lalu brand motor asal Austria, KTM, meluncurkan lineup motor enduro terbaru mereka alias model year 2017. Salah satu model yang dijual adalah KTM 500 EXC-F, tersedia dalam varian standar dan varian International Six Days Enduro (ISDE) Spain 2016. Dengan kapasitas mesin sebesar 500 cc, jelas 500 EXC-F menjadi monster yang buas di lintasan off road. Kenapa? Sebab tenaga yang bisa dikeluarkan oleh 500 EXC-F diperkirakan tembus lebih dari 60 HP!! Tapi bagaimana kalau motor yang notabene dilahirkan untuk medan off road ini dikonversi menjadi supermoto?

Salah seorang rider asal Eropa dengan akun Instagram @n1qqo rupanya sudah melakukan ubahan terhadap 500 EXC-F Six Days Spain miliknya menjadi sebuah supermoto. Motor yang sebelumnya menggunakan ban pacul itu kini sudah diganti dengan ban aspal dan menjadi tunggangan yang sangat buas di jalan raya. Tampilannya masih tetap menarik, gagah, dan sangat kekar dengan ban gambot. Asli nggak mengurangi kegarangan 500 EXC-F Six Days Spain sama sekali. Modifikasi ini jelas bikin ngiler para penggemar supermoto di manapun berada, termasuk yang ada di Indonesia.

Nah… Ubahan yang dilakukan oleh @n1qqo pada 500 EXC-F Six Days Spain miliknya sebenarnya sangat sederhana. Pertama dia membeli velg jari-jari dengan tapak super lebar berdiameter 17 inch khas supermoto dengan merek Warp 9 Racing, lengkapi dengan tromol dan cakramnya sekaligus. Kemudian velg itu dipadukan dengan ban tapak lebar Pirelli Diablo Rosso II. Benar-benar kombinasi yang sangat pas!! Setelah itu, 500 EXC-F Six Days Spain yang sudah berubah model menjadi supermoto dipasangi knalpot free flow buatan Akrapovic. Siap braaaaabbb!!!

Terus masalah legalitas di jalan raya gimana mas? FYI saja… 500 EXC-F dan seluruh lineup motor enduro 4-stroke KTM model year 2017 itu sudah lulus homologasi Euro 4. Artinya emisi gas buang yang dikeluarkan oleh motor-motor enduro berperforma tinggi itu sangat clean dan ramah bagi lingkungan. Makanya nggak heran kalau 500 EXC-F model year 2017 juga tergolong sebagai street legal bike. Jika di Eropa yang menggunakan regulasi jauh lebih ketat (Euro 4) 500 EXC-F bisa lolos, mestinya 500 EXC-F juga bisa lolos uji tipe dengan mudah di Indonesia yang masih pakai regulasi emisi Euro 3. Toh dalam paket pembelian motor enduro KTM sudah dilengkapi dengan berbagai kelengkapan jalan raya seperti lampu utama, lampu belakang, lampu sign, kaca spion, dan lain-lain. Rasanya nggak masalah mengenai legalitas emisi maupun surat-suratnya. Gimana, tertarik beli motor enduro KTM kemudian diubah jadi supermoto??