Pasca Tutup Operasi, Gas Gas Kini Kembali Gencar Berpromosi



Pada tahun 2015 lalu brand motor off road asal Spanyol, Gas Gas, dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Girona karena gagal membayar utang yang besarnya lebih dari US$ 30 juta. Imbas dari keputusan pailit itu, Gas Gas harus menutup seluruh kegiatan operasi, termasuk pabrik yang digunakan untuk memproduksi motor enduro dan trial. Namun di awal tahun 2016 Gas Gas diselamatkan oleh sesama perusahaan asal Spanyol yang fokus memproduksi sepeda dan motor listrik, yaitu Torrot. Torrot bersedia memberikan suntikan dan membayar utang-utang yang dimiliki oleh Gas Gas agar brand motor yang satu ini bisa hidup kembali.

Di bawah kendali Torrot, Gas Gas mulai memproduksi motor-motor off road andalannya, baik itu dari genre enduro maupun trial. Kedua tipe motor itu memang sudah menjadi andalan Gas Gas sejak dulu. Untuk mengimbangi lini produksi yang terus berjalan, Gas Gas mulai gencar melakukan promosi. Selain menghidupkan kembali tim balap off road/enduro dan tim kompetisi trial, brand yang identik dengan warna merah itu juga menggandeng American Motorcyclist Association (AMA) alias IMI-nya Amerika Serikat. Yups… Amerika Utara, khususnya Amerika Serikat memang menjadi market utama bagi Gas Gas di samping Eropa. Nggak heran kalau Gas Gas cukup all out ketika masuk kembali ke Amerika Utara. Memang seperti apa bentuk kerja sama promosi antara Gas Gas dan AMA?

Jadi mulai bulan Desember 2016 ini, setiap pembelian motor enduro dan trial Gas Gas di Amerika Serikat, konsumen bisa langsung terdaftar sebagai anggota AMA secara gratis alias tanpa dikenakan biaya sama sekali. Padahal normalnya kalau ingin masuk menjadi anggota AMA, seorang rider perlu mengeluarkan biaya yang lumayan. Setelah masuk menjadi anggota AMA, konsumen Gas Gas di Amerika Serikat tadi bakal mendapatkan benefit berupa roadside assistance dan berlangganan majalah American Motorcyclist secara gratis serta sejumlah diskon lain di berbagai merchant. Buat konsumen Gas Gas yang sudah menjadi anggota AMA, mereka akan mendapatkan perpanjangan masa keanggotaan AMA selama 1 tahun!



“Kami sangat bangga bisa menawarkan keanggotaan AMA selama 1 tahun dengan membeli salah satu dari motor kami. Kami sangat yakin dan mendukung misi AMA, serta berpikir tidak ada jalan yang lebih baik selain membantu berkembangnya jumlah anggota (AMA) dengan menawarkan keanggotaan secara gratis kepada konsumen kami,” ungkap Chief Marketing Officer of Torrot GasGas North America Inc., Scot Harden.

“Dukungan perusahaan seperti Gas Gas North America kepada AMA dan kepada anggota kami tentu saja sangat bagus bagi asosiasi dan bagus juga bagi (industri) sepeda motor. Bekerja secara bersama-sama, kami semuanya dalam posisi yang bagus untuk mewujudkan misi AMA dalam mempromosikan sepeda motor sebagai gaya hidup dan melindungi masa depan sepeda motor. Kami berharap bisa terus melakukan kerja sama dengan Gas Gas dan menyambut semua pelanggan baru Gas Gas ke dalam jajaran keanggotaan AMA,” ujar AMA Vice President of Industry Relations and Business Member Programs Jim Williams.

Satu hal yang masih menjadi pertanyaan Adventuriderz.com, kira-kira kapan ya Gas Gas kembali ke market Indonesia? Dulu sebelum tutup operasi, Gas Gas pernah eksis di sini melalui distributor PT El Rhino Global dengan menjual berbagai varian motor enduro dan trial yang memiliki performa yahud. Tapi kini PT El Rhino Global sudah banting stang dengan menjual motor-motor off road buatan Yamaha melalui Yamaha CBU Off Road Indonesia. Sampai sekarang belum ada lagi distributor Gas Gas di Indonesia. Padahal motor-motor Gas Gas cukup potensial dijual di sini, seperti di segmen motor enduro ada Gas Gas EC 250 dan Gas Gas EC 300 model year 2017, Ada yang tertarik menjadi distributor baru Gas Gas di Indonesia??

Advertisements