Hot News: Sherco Mulai Produksi Motor Kompetisi Motocross??

Sherco Motorcycles sudah lama dikenal sebagai brand dirt bike ternama di Eropa melalui produk-produk yang bergenre motor enduro dan trial. Namun, belakangan terdengar rumor yang menyebutkan kalau Sherco ikut terjun memproduksi motor kompetisi balap motocross yang selama ini belum disentuh sama sekali oleh oleh brand motor asal Perancis tersebut. Apakah memang benar Sherco ikut merambah segmen motocross yang juga sudah diisi oleh brand motor asal Eropa lainnya seperti KTM dan Husqvarna??

Menyeruaknya kabar mengenai Sherco yang mulai memproduksi motocross berawal dari dunia maya, Facebook. Beberapa dealer resmi Sherco di sejumlah negara, salah satunya akun Sherco Slovakia, mengunggah deretan motor yang secara bentuk identik dengan motor enduro buatan Sherco. Namun ada yang tidak lazim di sini karena motor-motor tersebut tidak dilengkapi dengan lampu utama dan lampu depan, sebuah karakter yang dimiliki oleh motor bergenre motocross, di rear fender ada tulisan “SE RACING”, dan sudah menggunakan knalpot racing buatan Akrapovic. Kemudian Sherco Slovakia memberikan caption “MX MODELS SHERCO 250 & 450”, memberikan indikasi kalau deretan motor itu benar bergenre motocross (MX).

Sayangnya ketika berselancar ke website resmi Sherco, masih belum ada genre motocross di sana. Yang ada cuma motor-motor bergenre enduro, trial, dan mini bike. Website-website otomotif pun belum ada yang membahas mengenai kabar ini. Agak aneh juga kalau Sherco mengeluarkan produk baru tanpa adanya publikasi sama sekali. Sekelas Sherco gitu loohh… Kejanggalan lainnya, pada body motor terlihat jelas tulisan 250 SEF-R dan 450 SEF-R, kode-kode yang sudah sejak lama digunakan untuk penamaan motor enduro Sherco 250 cc dan 450 cc 4-stroke. So, kemungkinannnya deretan motor itu benar motocross yang dibangun dari basis motor enduro 250 SEF-R dan 450 SEF-R tapi hanya pesanan khusus dari salah satu atau sejumlah distributor/dealer alias bukan global product, dan bisa juga itu merupakan motor enduro cross country yang memang lazim tanpa dilengkapi lampu-lampu sebagai pesaing bagi KTM 250/450 XC-F dan Husqvarna FX 250/450!

Advertisements