Berikut Ini Berbagai Detail Tentang Prototipe KTM 390 Adventure

Beberapa waktu yang lalu nongol spy shot calon motor baru yang sedang dalam proses pengujian, yaitu  KTM 390 Adventure. Belum diketahui secara pasti kapan 390 Adventure dilempar ke pasaran. Ada sejumlah sumber yang bilang tahun 2018, tapi ada juga yang menyebut baru akan nongol tahun 2019. Tapi satu hal yang pasti, 390 Adventure bakal terjun di segmen motor adventure berkapasitas kecil bersama dengan Kawasaki Versys-X 250/300, Honda CRF250 Rally, Suzuki V-Strom 250, dan BMW G 310 GS. Sekarang kita bahas lebih detail yuk mengenai 390 Adventure!

Secara desain, 390 Adventure mengusung konsep layaknya motor rally. Itu bisa dilihat dari bentuk umum yang menyerupai motor enduro yang diberi baju khas motor rally, termasuk windscreen yang menjulang tinggi. Kemudian terlihat pada foto 390 Adventure menggunakan sub-frame yang terbuat dari bahan serat karbon. Namun, media otomotif ternama di dunia MCN menyebut sub-frame karbon itu hanya untuk motor prototipe yang diambil dari milik 690 Rally Replica, sedangkan 390 Adventure nanti tidak akan menggunakan sub-frame dari bahan serat karbon lantaran terlalu mahal. Mesin 390 Adventure sendiri menggunakan basis yang sama dengan 390 Duke, berupa mesin 373 cc, 1-silinder, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin cairan yang diperkirakan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 44 HP dan torsi 35 Nm.

Kemungkinan prototipe 390 Adventure akan menggunakan cockpit atau instrument dashboard yang sama dengan 790 Adventure yang juga masih dalam wujud prototipe, suspensi depan upside down mirip seperti milik 690 Enduro R, dan rem Brembo dua piston yang juga punya 690 Enduro R. Sayangnya, lagi-lagi berbagai part jempolan itu sepertinya nggak akan dipasang pada versi produksi massal. Terus kenapa kok berbagai part milik 690 Rally Replica dan 690 Enduro R dipasang pada prototipe 390 Adventure? Kabarnya itu dilakukan oleh engineer untuk memberikan berbagai variabel kepada tim ketika mengembangkan dinamika sasis.

Beralih ke sektor ban, prototipe 390 Adventure tertangkap kameran menggunakan ban ring 17 inch di bagian belakang dan 19 inch di bagian depan. Hal ini bisa memberikan indikasi kalau prototipe 390 Adventure lebih berorientasi on road. Tapi bukan mustahil kalau versi produksi massal nanti menggunakan ban ring 18-21 inch seperti layaknya 690 Rally Replica atau 690 Enduro R yang mempunyai unsur off road sangat kuat. Salah satu hal lain yang cukup menarik disimak adalah dalam pengembangan suspensi belakang 390 Adventure. Di sana bisa dilihat kalau 390 Adventure menggunakan swing arm yang lebih berisi dibandingkan dengan versi 690, bahkan nyaris sama gemuknya dengan milik 1290 Super Adventure.

Pada tangki bahan bakar prototipe 390 Adventure dibuat dari bahan aluminium dengan ukuran yang lebih besar dari 690. Versi produksi massal nanti kemungkinan besar juga sama menggunakan aluminium. Menariknya, bukan mustahil tangki bahan bakar 390 Adventure sekali isi sampai penuh bisa dipakai untuk menempuh perjalanan sampai dengan 480 km. Sementara itu, bagian bodywork masih menggunakan plastik yang diikat menggunakan kabel ties dengan sub-frame. Desain bodywork masih sangat mungkin berubah di versi produksi massal nanti. Terakhir, 390 Adventure diprediksi bisa membawa sepasang pannier box layaknya motor adventure yang berkapasitas lebih besar.

Informasi lain yang nggak kalah menarik untuk disimak, ada sejumlah sumber yang mengatakan bahwa foto prototipe yang disebut-sebut sebagai 390 Adventure itu tidak akan dilabeli dengan merek KTM, tapi Husqvarna. Kok bisa? Ya jangan heran kalau KTM dan Husky saling berbagi platform dalam pengembangan motor karena Husky sekarang jadi anak usaha KTM. Sepertinya menarik juga kalau motor adventure 390 cc ini dilabeli merek Husky. Mungkin namanya jadi Husqvarna 401 Adventure??? Kita tunggu saja kehadiran KTM 390 Adventure atau Husqvarna 401 Adventure ini di tahun 2018 mendatang! Masih lama brooo…

Advertisements