Kenalan dengan Honda CRF450 Rally untuk Balap Dakar 2017



Ajang balap off road paling ganas di dunia, Rally Dakar 2017, akan dimulai besok 2 Januari 2017 dan berlangsung selama dua minggu. Monster Energy Honda Team alias Honda Racing Corporation (HRC) sebagai salah satu tim besar yang ikut dalam balap Dakar 2017 tentu sudah mempersiapkan diri dengan sangat baik. Bukan rahasia lagi, Honda sangat gatal ingin mengalahkan KTM yang sudah 15 kali secara berturut-turut memenangkan balap Dakar. Lima orang rider terbaik seperti Paulo Goncalves, Joan Barreda Bort, Kevin Benavides, Michael Metge, dan Ricky Brabec dipersiapkan sebagai pasukan tempur, meskipun Kevin Benavides harus absen dari Dakar 2017 lantaran mengalami cidera serius pada tangan kanannya ketika crash hebat di sesi latihan beberapa waktu yang lalu. So, total hanya empat rider saja yang dalam kondisi fit siap bertempur di Dakar 2017. Terus, motor apakah yang ditunggangi oleh rider-rider Honda tersebut?

Pada ajang balap rally seperti Dakar 2017, Honda masih tetap mengandalkan motor CRF450 Rally. Sejarah CRF450 Rally bermula dari tahun 2013 ketika Honda ikut terjun ke ajang balap Dakar. Waktu itu motor rally Honda dibangun dari basis motor enduro CRF450X yang dijual secara komersial. Di awal keikutsertaannya, Honda memang nggak menargetkan gelar juara. Tetapi mengumpulkan berbagai informasi yang penting mengenai power mesin, performa aerodinamika, durability, dan berbagai perawatan. Informasi-informasi itu kemudian digunakan Honda untuk membangun motor baru yang khusus dipakai untuk balap rally, yaitu CRF450 Rally.



Menurut Honda, CRF450 Rally pada tahun 2015 sudah mendapatkan update dengan beberapa teknologi baru, namun dengan tetap mengandalkan sistem pembakaran electronic fuel injection PGM-FI yang cukup teruji dalam kondisi ekstrem seperti Dakar, sedangkan CRF450 Rally yang digunakan pada Dakar 2017 nantiĀ merupakan motor tahun 2016 yang sudah mendapatkan update teknologi lebih lanjut, membuat performa motor menjadi lebih baik. Selain itu, CRF450 Rally untuk Dakar 2017 juga sudah dilabur dengan livery Monster lantaran brand minuman energy kelas global, Monster Energy, menjadi sponsor utama Honda di ajang balap rally.

Berdasarkan spesifikasi yang diumbar oleh Honda, CRF450 Rally untuk Dakar 2017 nanti menggunakan mesin berkapasitas 449 cc, 1-silinder, DOHC, 4-stroke, dan berpendingin radiator yang disambungkan ke roda melalui transmisi manual 6-percepatan. Mesin ini dilumasi dengan oil Motul 300V karena lagi-lagi Honda melakukan kerja sama dengan Motul di ajang rally. Sudah bisa dipastikan CRF450 Rally mengandalkan sistem pembakaran injeksi PGM-FI dan knalpot buatan Termignoni. Honda nggak memberikan angka pasti mengenai power CRF450 Rally. Di sana Honda hanya menyebut power CRF450 Rally mencapai lebih dari 45 kW atau setara dengan lebih dari 60 HP. Kayaknya motor-motor milik pabrikan lain juga bermain di angka power lebih dari 60 HP deh…

Terus ngomongin soal frame, CRF450 Rally mengandalkan frame twin tube yang terbuat dari bahan aluminium, sementara sub-frame terbuat dari bahan karbon. Tangki bahan bakar motor ini ada dua, berada di depan dan belakang. Secara total tangki CRF450 Rally mampu menampung bahan bakar sebanyak 33,7 liter. Kok banyak banget? Wajar dong bro, karena balap Dakar memiliki rute yang sangat panjang. Diperlukan kapasitas tangki bahan bakar yang besar dan manajemen bahan bakar yang baik agar para rider tidak kehabisan bensin di tengah perjalanan. Bagaimana dengan suspensi? Sama seperti kebanyakan motor off road Honda, suspensi buatan Showa masih jadi andalan di CRF450 Rally. Suspensi depan mengandalkan model upside down berdiameter 51 mm dengan jarak travel 310 mm dan suspensi belakang mono shock 50 mm dengan jarak travel 315 mm. Kita lihat mulai besok, apakah CRF450 Rally bisa kompetitif melawan KTM 450 Rally, Husqvarna FR 450 Rally, Sherco RTR 450 Rally, dan Yamaha WR450F Rally.

Advertisements