WSM Enduro, Hasil Modifikasi KTM 450 EXC dengan Gaya Classic

KTM 450 EXC diciptakan sebagai motor enduro murni dengan desain yang sangat gagah dan performa jempolan. Malah bisa dibilang KTM 450 EXC adalah sebuah monster ganas di lintasan off road, khususnya di kalangan motor enduro 4T. Apalagi KTM 450 EXC juga dijadikan sebagai basis pengembangan motor yang digunakan pada balap rally, yaitu KTM 450 Rally. Namun, apa jadinya kalau motor enduro dengan unsur modern dan hi-tech yang sangat kental itu diubah menjadi motor enduro bergaya jadul??

Walt Siegl Motorcycles (WSM) merupakan bengkel custom asal New Hampshire, Amerika Serikat, yang sudah mengobrak-abrik KTM 450 EXC menjadi motor dengan gaya classic yang kuat. Sebagai bengkel custom ternama di Amerika Serikat, tentu saja garapan WSM nggak main-main. Kenapa? Karena konsep utama WSM adalah menciptakan motor custom bergaya classic yang cantik namun memiliki performa beringas. Hal itu ditopang oleh pemilik WSM, Walt Siegl, yang notabene pernah masuk ke sekolah seni meskipun harus drop out lantaran ikut bergabung dalam sebuah tim balap motor. So, unsur art dan performance memang diutamakan pada semua motor garapan WSM, termasuk KTM 450 EXC hasil kreasi WSM yang diberi nama WSM Enduro ini.

Jika diperhatikan, unsur classic memang sangat kuat melekat pada WSM Enduro. Itu bisa dilihat mulai dari bagian headlamp, front fender, handlebar, fuel tank, seat, penutup di bawah seat, hingga rear fender. Semuanya dibuat sangat mengesankan, mirip seperti motor-motor enduro kuno di masa lalu. Meskipun demikian, rombakan yang dilaukan oleh WSM terhadap KTM 450 EXC nggak terlalu radikal juga. Mereka lebih fokus mendandani baju KTM 450 EXC biar kelihatan lebih jadul saja. Selebihnya masih banyak menggunakan part asli KTM 450 EXC yang modern. Contohnya saja frame yang bermodel central tube dari bahan chromoly itu nggak diubah sama sekali, mesin sepertinya juga masih standar lengkap dengan radiator berukuran jumbo, suspensi depan-belakang dibiarkan seperti aslinya, kemudian velg, ban, dan rem masih terlihat layaknya motor enduro modern. Hanya saja dengan baju baru ini bagian mesin dibiarkan terbuka, tampak lebih berotot. Gimana menurutmu hasil modifikasi ini bro? Cakep kan??