• Home »
  • Article »
  • Dakar 2017: Rider Tim Privater Yamaha Menangkan Stage 1, Sherco Kedua

Dakar 2017: Rider Tim Privater Yamaha Menangkan Stage 1, Sherco Kedua


Ajang balap Rally Dakar 2017 sudah dimulai pada 2 Januari 2017 dengan mengambil start dari Asuncion (Paraguay). Ini merupakan pertama kalinya Paraguay menjadi tuan rumah Dakar. Pada stage 1 Dakar 2017, rute yang dilewati adalah dari Asuncion menuju Resistencia dengan jarak total 454 km. Namun, special stage (SS) yang harus ditempuh hanya 39 km saja, di mana para rider harus menggeber motornya dengan maksimal untuk mendapatkan catatan waktu terbaik. Karakter track pada stage 1 ini cenderung diisi oleh vegetasi hutan lebat yang sudah umum terdapat pada wilayah dengan iklim tropis. Boleh dibilang rutenya sangat teknikal, rumit, dan menyerupai track untuk motor trial. Terus siapa yang rider tercepat di stage 1??

Secara mengejutkan rider tim privater Yamaha asal Perancis bernama Xavier de Soultrait justru menjadi rider tercepat dalam special stage dengan catatan waktu 28 menit 20 detik. Tentu saja ini menjadi kejutan besar lantaran Xavier de Soultrait dia bukan rider tim factory yang mendapatkan support penuh dari pabrikan, melainkan tim privater. Sementara itu, di posisi kedua stage 1 diisi oleh Joan Pedrero (Shero TVS Factory Rally Team) dengan catatan waktu 28 menit 22 detik dan posisi ketiga ditempati oleh Ricky Brabec (Monster Energy Honda Team) dengan catatan waktu 28 menit 34 detik.

“Memenangkan stage di Dakar merupakan hal yang luar biasa dan itu sudah menjadi langkah yang jauh lebih maju. Meskipun demikian, itu bukanlah target akhirku. Aku ingin memenangkan Dakar. Kenapa tidak tahun ini? Aku menempatkan potongan-potongan puzzle di sebuah tempat sedikit demi sedikit dan target itu mulai terbentuk,” ungkap Xavier de Soultrait.

Red Bull KTM Factory Racing yang notabene menjadi tim unggulan justru belum menempatkan para ridernya di posisi tiga besar. Bahkan rider-rider Red Bull KTM Factory Racing terlempar dari lima besar. Kenapa? Karena di urutan keempat dan kelima masih diisi oleh rider Monster Energy Honda Team, yaitu masing-masing Michael Metge dan Paulo Goncalves. Rider Red Bull KTM Factory Racing tercepat di stage 1 adalah Sam Sunderland yang harus puas di urutan keenam, sedangkan sang juara bertahan Toby Price terlempar di urutan ke-17.

Di awal-awal stage ini tim-tim factory seperti Red Bull KTM Factory Racing, Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, dan Yamalube Yamaha Official Rally Team memang belum menunjukkan tajinya. Rider-rider yang berada di pos terdepan justru berasal dari tim privater Yamaha dan Sherco TVS Factory Rally Team. Yang patut diwaspadai, Monster Energy Honda Team menempatkan empat rider sekaligus di posisi tujuh besar. Honda memang paling berambisi menjungkalkan dominasi KTM di Dakar dan sekarang mulai terlihat hasilnya. Namun saat ini masih terlalu dini memprediksi siapa atau tim mana yang bakal memenangkan Dakar 2017. Balap masih sangat panjang, masih ada sisa 13 stage lagi. Selisih catatan waktu juga amat sangat tipis hanya hitungan detik dibandingkan dengan rider tercepat. So, balap Dakar ke depan masih amat sangat seru!

Xavier de Soultrait – Privater Yamaha

Joan Predrero Garcia – Sherco TVS Factory Rally Team

Ricky Brabec – Monster Energy Honda Team

Paulo Goncalves – Monster Energy Honda Team

Sam Sunderland – Red Bull KTM Factory Racing


Advertisements