Dakar 2017: KTM Mulai Panas, Toby Price Tercepat di Stage 2

Pada stage 1 Rally Dakar 2017 yang menempuh perjalanan dari Asuncion menuju Resistencia, pasukan KTM Factory Racing yang terdiri dari lima orang rider terlihat melempem. Yang mendapatkan posisi pertama stage 1 justru rider dari tim privater Yamaha (Viltais Racing Team HFP) Xavier de Soultrait. Sayangnya Xavier de Soultrait terkena penalty 1 menit lantaran melakukan pelanggaran di speed limit zone, dan posisinya di klasemen sementara setelah stage 1 menjadi di urutan ke-10. Rider tercepat KTM di stage 1 adalah Sam Sunderland yang hanya berada di urutan keenam, tapi kemudian dia naik ke posisi kelima setelah Xavier de Soultrait mendapatkan penalty. Namun di stage 2 rider-rider KTM mulai memanas dan menunjukkan tajinya. Seperti apa ceritanya?

Para rider di stage 2 Dakar 2017 mesti menempuh perjalanan dari Resistencia menuju San Miguel de Tucuman dengan jarak total sejauh 803 km. Special stage pada etape kali ini jauh lebih panjang dibandingkan dengan stage 1. Kalau stage 1 hanya memiliki special stage 39 km, maka stage 2 memiliki special stage 275 km. Hasilnya, rider KTM yang tahun lalu berhasil menggondol juara Dakar, Toby Price, menjadi yang tercepat hingga unggul lebih dari 3 menit dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya. Special staga panjang sejauh 275 km seperti Resistencia – San Miguel de Tucuman ini memang sudah menjadi spesialis Toby Price berkat kecepatannya. So, memang bukan hal yang aneh kalau Toby Price bisa menjuarai stage 2. Berkat kemenangan Toby Price di stage 2, dia berhak menduduki posisi pertama klasemen sementara Dakar 2017.

“Ini merupakan stage yang amat sangat cepat tapi tidak ada navigasi. Kami memiliki 274 km special stage pada suhu udara 38 atau 40 derajat, ini begitu panas pada motor. Stage ini juga sangat gila. Di sana sangat banyak sapi (yang menghalangi track). Track yang dilewati sepanjang perjalanan tidak lebih lebar dari badan mobil dan sapi bisa secara tiba-tiba keluar dari balik pohon atau semak-semak,” ungkap Toby Price.

Rider yang finish urutan kedua adalah rekan satu tim Toby Price di Red Bull KTM Factory Racing, yaitu Sam Sunderland. Sayangnya dia mendapatkan penalty 5 menit sehingga posisinya harus melorot di urutan ke-11. Posisi kedua pun diambil alih oleh rider Monster Energy Honda Team Paulo Goncalves, diikuti oleh Xavier de Soultrait dari Viltais Racing Team HFP (Yamaha). Lagi-lagi Xavier de Soultrait menorehkan hasil yang lumayan baik setelah pada stage 1 berhasil finish di urutan pertama namun posisinya melorot karena mendapatkan penalty waktu sebanyak 10 menit.


Advertisements