• Home »
  • Article »
  • Yamaha Indonesia Jual ATV Grizzly 350 & Grizzly 700 FI, Harganya Wow!

Yamaha Indonesia Jual ATV Grizzly 350 & Grizzly 700 FI, Harganya Wow!

Tanpa ada pengumuman yang berarti, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) rupanya sudah resmi memasarkan dua tipe All Terrain Vehicle (ATV) di Indonesia. Mereka adalah Grizzly 350 dan Grizzly 700FI. Target utama konsumen yang membeli ATV ini tentunya berasal dari kalangan corporate atau perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan. Tapi nggak menutup kemungkinan juga ada konsumen dari kalangan hobby yang membeli ATV dari Yamaha. Dengan kapasitas mesin yang lumayan besar, maka nggak heran kalau Grizzly 350 dan Grizzly 700 FI dijual dengan bandrol yang lumayan tinggi. Memang berapa harganya?

Oke… Kita bahas dulu mengenai Grizzly 350 ya bro… Sesuai dengan namanya, Grizzly 350 menggunakan mesin berkapasitas 350 cc, 1-silinder, SOHC, 4-stroke, dan dilengkapi dengan double cooler. Sistem pengabutan bahan bakar Grizzly 350 masih konvensional, berupa karburator Mikuni 33 mm, dan kompresi yang dihasilkan oleh mesin adalah 9,2 : 1. Menariknya, Grizzly 350 menggunakan sistem transmisi otomatis (Ultramatic Transmission/CVT) lengkap dengan v-belt dan kopling sentrifugal yang mudah dikendarai. Ada tiga mode transmisi pada Grizzly 350, yaitu F (front – maju), N (Neutral), dan R (reverse – mundur).

Beberapa keunggulan Grizzly 350 antara lain dilengkapi dengan sistem penggerak 2WD dan 4WD sekaligus. Kalau menggunakan ATV ini, bro bisa memilih apakah mau menggunakan sistem penggerak 2WD atau 4WD menggunakan switch yang ada di handle kanan. Cukup pencet tombol untuk masuk ke mode 4WD dan release tombol jika ingin menggunakan 2WD. Menariknya lagi, Grizzly 350 sudah dilengkapi dengan parking brake, memungkinkan bagi rider parkir di jalanan yang menanjak maupun menurun. Keunggulan lainnya, Yamaha melengkapi Grizzly 350 dengan rak berkapasitas 40 kg di bagian depan dan 80 kg di bagian belakang. Lumayan banyak ya kapasitasnya. Dari situ sebenarnya bisa ditebak kalau Grizzly 350 merupakan ATV utility, bukan ATV sport. Tapi bukan berarti nggak bisa dipakai untuk sport ya… Grizzly 350 di Indonesia dijual oleh YIMM dengan harga Rp 135 juta off the road dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hijau tua dan biru.

Jika tidak puas dengan Grizzly 350 yang hanya menggunakan mesin 350 cc, nggak ada salahnya melirik Grizzly 700 FI. Kapasitas mesinnya 708 cc atau dua kali lipat dibandingkan dengan Grizzly 350. Jelas saja performa Grizzly 700 FI lebih maknyus… Apalagi Grizzly 700 FI sudah dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi yang membuat penyaluran bahan bakar ke mesin jadi lebih terkontrol dan gas buang yang lebih ramah terhadap lingkungan. Fitur yang disematkan terhadap Grizzly 700 FI jelas lebih melimpah. Mulai dari Electronic Power Steering (EPS) yang membuat pengendalian stang menjadi lebih enteng dan nyaman, panel speedometer full digital, hingga headlight dan tail light LED.

Berbeda dengan Grizzly 350 yang hanya memiliki pilihan sistem penggerak 2WD dan 4WD saja, Grizzly 700 FI memiliki tiga pilihan sistem penggerak sekaligus, yaitu 2WD, 4WD, dan 4WD DiffLock on Command. Maksudnya 4WD DiffLock on Command adalah sistem penggerak 4 roda dengan pengunci diferensial. Mirip seperti mobil-mobil 4WD yang kerap dipakai untuk off road. Kemudian di bagian transmisi, Grizzly 700 FI juga mengaplikasikan sistem Ultramatic Transmission. Menariknya, Grizzly 700 FI memiliki empat mode transmisi, antara lain dua posisi maju berupa H (high – kecepatan tinggi), L (low – kecepatan rendah), N (neutral), dan R (reverse – mundur). Rak pengangkut barang juga tersedia pada Grizzly 700 FI. Dengan performa yang garang dan fitur melimpah, Grizzly 700 FI dijual dengan harga Rp 200 juta off the road.

Nah… Itu tadi pilihan ATV yang dijual resmi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Harganya memang mahal. Tapi cukup wajar karena spesifikasi dan fitur yang ditawarkan tergolong tinggi. Apalagi Yamaha Indonesia siap memberikan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) terhadap Grizzly 350 dan Grizzly 700 FI kapanpun dan di manapun lokasi ATV itu berada. Mau di pedalaman yang lokasinya sulit ditembus sekalipun, teknisi Yamaha siap datang memberikan perawatan yang maksimal terhadap ATV Grizzly series. Gimana bro, tertarik meminang ATV dari Yamaha Indonesia?


Advertisements