Dakar 2017: Giliran Rider Honda Joan Barreda Menangkan Stage 3

Dakar merupakan kompetisi balap off road yang sangat ketat. Nggak heran kalau pemenang di setiap stage hingga juara klasemen akhir amat sangat sulit ditebak. Bahkan tidak jarang penentuan gelar juara baru bisa dipastikan sampai dengan balap stage terakhir. Nah, Dakar 2017 sudah memasuki stage 3 yang mengambil rute dari San Miguel de Tucuman menuju San Salvador de Jujuy. Total jarak stage 3 ini adalah 780 km dengan special stage sangat panjang mencapai 364 km. Suhu udara dan ketinggian mulai mengalami peningkatan di stage 3 ini, membuat para rider mesti bekerja ekstra keras.

Kalau di stage 1 dimenangkan oleh rider Sherco TVS Factory Rally Team Joan Pedrero Garcia dan stage 2 digenggam oleh Toby Price (Red Bull KTM Factory Racing), maka stage 3 giliran rider Monster Energy Honda Team Joan Barreda Bort yang menjadi tercepat. Penampilan Barreda di stage 3 amat sangat impresif. Malah dia sampai unggul 12 menit 29 detik dibandingkan dengan rider tercepat kedua di stage 3 ini. Padahal kondisi track stage 3 boleh dibilang amat berat. Para rider harus menghadapi perubahan terrain yang drastis. Mulai dari pendakian curam menuju ketinggian lebih dari 5.000 MDPL yang bisa mendatangkan malapetaka bagi para rider, menyeberangi sungai, track berkelak-kelok dengan karakter cepat, medan yang bergelombang, hingga track yang menyerupai lintasan trial. Meskipun sulit, Barreda sudah menunjukkan kelasnya di stage 3!

“Hari ini merupakan salah satu hari yang sengaja kami pilih dan kami persiapkan sejak kemarin untuk melakukan serangan. Masih terlalu dini membahas mengenai juara. Masih ada 7.500 km lagi yang mesti dilalui. Aku tidak begitu yakin. Situasi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga untuk meyakinkannya, kami hanya perlu fokus dan tetap membalap dengan level seperti ini,” ujar Barreda.

Finish di posisi kedua stage 3 adalah Sam Sunderland (Red Bull KTM Factory Racing) yang tampil konsisten, sementara urutan ketiga ditempati oleh rider Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Pela Renet alias berada di depan rider-rider yang unggulan juara Dakar 2017. Rider yang disebut terakhir baru saja bergabung dengan Husqvarna tapi sudah menunjukkan kelasnya, masuk ke urutan 10 besar klasemen sementara, dan berpeluang bersaing memperebutkan gelar juara Dakar 2017 jika memang penampilannya terus konsisten seperti yang sudah dilakukannya di stage 3.

Setelah menjalani balap stage 3, Joan Barreda langsung memimpin klasemen sementara Dakar 2017, disusul oleh Sam Sunderland di urutan kedua, Paulo Goncalves (Monster Energy Honda Team) di urutan ketiga, dan Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) di tempat keempat. Bagaimana dengan sang juara bertahan Toby Price? Hasil yang kurang impresif di stage 3 membuat Toby Price harus terlempar ke urutan lima klasemen sementara dengan selisih catatan waktu 16 menit 19 detik dibandingkan dengan Joan Barreda. Perlu kerja keras bagi Toby Price untuk kembali merebut posisi pertama klasemen. Balap masih sangat panjang, apapun bisa terjadi, dan siapapun masih berpeluang menang.


Advertisements