• Home »
  • Article »
  • Dakar 2017: Paulo Goncalves Jadi Rider Pertama yang Tolong Toby Price

Dakar 2017: Paulo Goncalves Jadi Rider Pertama yang Tolong Toby Price



Terlalu banyak drama yang terjadi di stage 4 Dakar 2017 yang menghubungkan antara San Salvador de Jujuy menuju Tupiza. Mulai dari seluruh rider Honda yang terkena penalty waktu 1 jam karena melakukan pengisian bahan bakar di tempat terlarang hingga rider Red Bull KTM Factory Racing Toby Price yang mengalami crash hebat yang menyebabkannya patah tulang paha kiri. Imbasnya, Toby Price dipastikan gagal mempertahankan gelar juara Dakar. Khusus mengenai jatuhnya Toby Price ini ada kisah menariknya bro… Seperti apa?

Jadi saat itu Toby Price sedang memimpin jalannya race stage 4. Namun dia justru crash setelah menempuh perjalanan sejauh 371 km dari total special stage sejauh 416 km. Rider Monster Energy Honda Team Paulo Goncalves yang saat itu berada di belakang Toby Price dengan refleks langsung menghentikan laju motornya untuk memberikan pertolongan. Nggak salah lagi, Paulo Goncalves menjadi orang pertama yang memberikan pertolongan kepada Toby Price. Dia memanggil tim medis dan terus menunggui Toby Price hingga kru helikopter datang menjemput.

Aksi heroik Paulo Goncalves tentu saja sangat patut diapresiasi. Dia memang sedang mengejar catatan waktu tercepat, bahkan mungkin juga sedang berambisi mengejar gelar juara stage 4 maupun gelar juara Dakar 2017. Tapi ketika ada rider lain yang crash, dia tidak begitu mempedulikan lagi catatan waktunya. Paulo Goncalves justru berhenti membantu dan menunggu hingga tim medis datang dengan helikopter. Pastinya catatan waktu yang dia dapatkan drop sangat signifikan. Namun inilah yang benar-benar bisa disebut sebagai spirit Dakar. Nyawa maupun keselamatan rider lain jauh lebih penting daripada sebuah catatan waktu tercepat, meskipun Paulo Goncalves berharap panitia berbaik hati tidak menghitung waktunya yang terbuang karena membantu Toby Price.



“Di Bolivia, di saat-saat akhir special stage, aku berhenti untuk membantu Toby Price. Dia berada di depanku dan aku menemukan dia dalam kondisi cidera. Aku menghubungi dan menunggu helikopter, dan akupun yakin mereka (penyelenggara) akan mengembalikan catatan waktuku yang hilang,” ujar Paulo Goncalves.

Tindakan pertolongan yang dilakukan oleh Paulo Goncalves di Dakar 2017 ini seperti de javu dengan Dakar 2016 lalu. Pada saat Dakar 2016 memasuki stage 6, Paulo Goncalves juga menjadi rider pertama yang memberikan pertolongan kepada rider Red Bull KTM Factory Racing Matthias Walkner yang crash hebat hingga patah kaki. Di ajang balap seperti Dakar yang sebagian besar melewati gurun pasir, spirit seperti ini memang sangat diperlukan. Kenapa? Karena di sepanjang rute sangat mungkin tidak ada orang yang melihat ketika rider crash, kecuali rider-rider yang lainnya. Rider yang melihat inilah yang wajib memberikan pertolongan pertama kepada rider yang mengalami kecelakaan. Anyway, salut untuk Paulo Goncalves. Semoga sukses di sisa balap Dakar 2017!!

Advertisements