• Home »
  • Article »
  • Dakar 2017: Seluruh Rider Honda Terkena Penalty 1 Jam… Biyuuuhh!!

Dakar 2017: Seluruh Rider Honda Terkena Penalty 1 Jam… Biyuuuhh!!



Kabar mengejutkan datang pasca race stage 4 Dakar 2017. Diberitakan oleh Motorsport.com, seluruh rider tim factory Honda (Monster Energy Honda Team) mendapatkan penalty yang nggak tanggung-tanggung dari penyelenggara, yaitu 1 jam. Rider yang mendapatkan penalty itu antara lain Joan Barreda Bort yang sebelumnya memimpin klasemen sementara, Michael Metge, Paulo Goncalves, dan Ricky Brabec. Memang apa yang menjadi penyebab mereka mendapatkan penalty? Pelanggaran apa yang dilakukan?

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa Joan Barreda bersama dengan rekan satu timnya, Michael Metge, Paulo Goncalves, dan Ricky Brabec telah melakukan pengisian ulang bahan bakar di tempat terlarang pada stage 4 yang menghubungkan antara San Salvador de Jujuy dan Tubiza. Hasilnya penyelenggara memutuskan mereka mendapatkan penalty waktu 1 jam. Nggak cuma rider-rider dari tim factory, rider Honda lainnya seperti Franco Caimi (Honda South America) dan Pedro Bianchi Prata (Honda Portugal) juga mendapatkan penalty serupa.



Dengan penalty waktu yang sangat banyak itu, Joan Barreda harus melepaskan posisi pertama klasemen sementara karena catatan waktunya jadi melorot sangat jauh. Rider Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Pablo Quintanilla langsung mendapatkan durian runtuh dengan menempati posisi pertama setelah Joan Barreda terkena penalty, diikuti oleh Matthias Walkner (Red Bull KTM Factory Racing) di urutan kedua, Stefan Svitko (Slovnaft Rally Team – KTM) ketiga, Sam Sunderland (Red Bull KTM Factory Racing) keempat, dan Gerard Farres (HIMOINSA Racing Team – KTM) kelima. Penalty waktu 1 jam bagi seluruh rider Honda juga membuat rider-rider KTM Group (KTM – Husqvarna) memenuhi klasemen sementara.

Butuh usaha yang amat sangat keras bagi seluruh rider Honda, termasuk Joan Barreda, untuk kembali kompetitif dalam perebutan gelar juara Dakar 2017. Khusus untuk Joan Barreda yang sebelumnya memimpin klasemen sementara, kini dia berada di urutan ketujuh klasemen sementara atau tertinggal 41 menit 41 detik dari Pablo Quintanilla. Tidak ada hal yang mustahil di Dakar, apalagi masih banyak stage yang mesti dilalui oleh para rider. Tapi tentu butuh effort yang luar biasa besar dari Joan Barreda karena rider-rider yang berada di urutan pertama sampai dengan keenam klasemen sementara saat ini juga sangat kompetitif.

Advertisements