Dakar 2017: Toby Price Crash, Matthias Walkner Juarai Stage 4

Tidak terasa Dakar 2017 sudah memasuk stage 4, di mana para rider mesti menempuh perjalanan sejauh 512 km dari San Salvador de Jujuy menuju Tupiza dengan special stage yang amat sangat panjang mencapai 416 km. Semakin hari track yang mesti mereka lewati bukannya semakin mudah, tapi justru semakin rumit. Misalnya saja pada stage 4 ini, para rider harus menjalani balapan di ketinggian rata-rata 3.500 meter di atas permukaan laut. Jelas ini bukan pekerjaan yang mudah. Sebab di ketinggian seperti ini oksigen jadi menipis dan performa motor lebih loyo dibandingkan dengan di dataran rendah. Menariknya, di stage 4 para rider sudah mulai bisa melihat hamparan pasir bukit pasir, dan track ini membutuhkan teknik climbing yang benar-benar expert. Siapa yang berhasil memenangkan stage 4 Dakar 2017?

Seperti yang sudah sering Adventuriderz.com ungkapkan, ajang balap  Rally Dakar memang sangat dinamis. Sangat sulit untuk menebak siapa pemenangnya, termasuk di stage 4 ini menunjukkan berbagai macam kejutan. Kejutan pertama datang dari sang juara bertahan Toby Price (Red Bull KTM Factory Racing) yang mengalami crash saat memimpin balapan stage 4. Kabar buruknya, kecelakaan yang dialami oleh Toby Price cukup hebat hingga membuat paha kirinya patah. Kejadian ini membuat Toby Price dipastikan tidak bisa mempertahankan gelar juara karena dia nggak bisa lagi ikut balapan di stage-stage berikutnya. Toby Price bukan satu-satunya rider yang mengalami crash hebat di stage 4. Rider asal Spanyol Armand Monsoon juga mendapatkan nasib serupa setelah menempuh perjalanan sejauh 70 km di special stage.

Pasca Toby Price keluar dari perlombaan, rekan satu tim Toby Price di Red Bull KTM Factory Racing Matthias Walkner yang berhasil menjadi rider tercepat stage 4. Untuk menempuh special stage sejauh 416 km itu Matthias Walkner membutuhkan waktu 4 jam 57 menit 22 detik. Matthias Walkner dikuntit oleh Joan Barreda Bort (Monster Energy Honda Team) yang berada di posisi kedua dengan catatan waktu lebih lambat 2 menit 2 detik, sedangkan di urutan ketiga diisi oleh Michael Metge (Monster Energy Honda Team) dengan catatan waktu 5 jam lebih 40 detik.

Nah… Rider tim privater Yamaha (Viltais Racing Team HFP) Xavier de Soultrait rupanya masih belum berhenti memberikan kejutan. Di stage 4 dia berhasil menempati urutan keempat, diikuti oleh Stefan Svitko (Slovnaft Rally Team – KTM) di posisi kelima, Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) di urutan keenam, Gerard Farres (HIMOINSA Racing Team – KTM) ketujuh, dan Pela Renet (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) yang berada di urutan kedelapan.

Dengan hasil balap stage 4 ini, maka untuk sementara klasemen Dakar 2017 dipimpin oleh Joan Barreda, disusul oleh Pablo Quintanilla, Matthias Walkner, Stefan Svitko, dan Sam Sunderland. Perjalanan Dakar 2017 masih sangat panjang. Masih banyak hal-hal mengejutkan yang mungkin akan terjadi. Pimpinan sementara lomba maupun rider yang kerap juara stage belum tentu menjadi juara, dan rider yang kurang diperhitungkan masih berpeluang menjadi juara. Persaingan bakal sangat ketat ke depan karena selisih catatan waktu antara pembalap cukup ketat.

Hasil Race Stage 4 Dakar 2017

  1. Matthias Walkner (Red Bull KTM Factory Racing – KTM 450 Rally) – 04:57:22
  2. Joan Barreda Bort (Monster Energy Honda Team – Honda CRF450 Rally) – 04:59:24
  3. Michael Metge (Monster Energy Honda Team – Honda CRF450 Rally) – 05:00:40
  4. Xavier de Soultrait (Viltais Racing Team HFP – Yamaha WR450F Rally) – 05:03:20
  5. Stefan Svitko (Slovnaft Rally Team – KTM 450 Rally) – 05:05:55

Klasemen Sementara Dakar 2017 Pasca Race Stage 4

  1. Joan Barreda Bort (Monster Energy Honda Team)
  2. Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing)
  3. Matthias Walkner (Red Bull KTM Factory Racing)
  4. Stefan Svitko (Slovnaft Rally Team)
  5. Sam Sunderland (Red Bull KTM Factory Racing)

Advertisements