Dakar 2017: Balapan Stage 6 Dibatalkan Karena Cuaca Ekstrem



Satu lagi kabar yang cukup mengejutkan datang dari Dakar 2017. Memang apa mas? Yups… Panitia Dakar 2017 resmi memutuskan bahwa race stage 6 dibatalkan. Belakangan ini Bolivia memang sedang dilanda cuaca yang sangat ekstrem berupa hujan badai yang kencang. Dengan pertimbangan track yang semakin sulit dilalui akibat cuaca buruk dan demi keselamatan para pembalap, maka race yang semestinya menempuh perjalanan dari Oruro menuju La Paz sejauh 786 km dengan special stage 527 km itu dihapus dari jadwal. Artinya, para pembalap memiliki waktu yang cukup panjang untuk beristirahat, selama dua hari sampai dengan Senin (9/1/2017), sebab di hari Minggu (8/1/2017) itu memang jadwalnya mereka mendapatkan rest day di La Paz selama satu hari penuh.

Akibat pembatalan race stage 6 dari Oruro menuju La Paz, maka untuk sementara waktu rider Red Bull KTM Factory Racing Sam Sunderland masih memimpin klasemen sementara, diikuti oleh Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) di urutan kedua, Adrien Van Beveren (Yamalube Yamaha Official Rally Team) ketiga, Gerard Farres (HIMOINSA Racing Team – KTM) keempat, Matthias Walkner (Red Bull KTM Factory Racing) kelima, Stefan Svitko (Slovnaft Rally Team – KTM) keenam, dan Paulo Goncalves (Monster Energy Honda Team) ketujuh. Setidaknya Sam Sunderland masih bisa terus mempertahankan posisinya di klasemen sementara sampai dengan hari Senin karena tidak ada lomba selama dua hari (Sabtu – Minggu).

Setelah beristirahat selama dua hari, race dimulai kembali pada stage 7 hari Senin yang menempuh perjalanan sejauh 622 km dari La Paz menuju Uyuni dengan special stage yang dihitung catatan waktunya sejauh 322 km. Seluruh rider pastinya sudah segar bugar kerena mendapatkan waktu istirahat yang cukup panjang. Diharapkan tidak ada lagi rider yang kelelahan hingga crash yang berujung cidera parah di stage ini. Sam Sunderland perlu berjuang keras agar bisa mempertahankan posisi pertama klasemen sementara. Di sisi lain, para kompetitor nggak akan tinggal diam. Pablo Quintanilla, Stefan Svitko, Matthias Walkner, Paulo Goncalves, hingga Joan Barreda masih berpeluang besar menjadi juara karena stage masih panjang, masih ada enam stage tersisa. Masih banyak drama yang mungkin terjadi dalam enam stage terakhir itu.


Advertisements