• Home »
  • Article »
  • Sherco Indonesia Bakal Luncurkan 4 Motor Enduro Edisi Spesial “Six Days”

Sherco Indonesia Bakal Luncurkan 4 Motor Enduro Edisi Spesial “Six Days”

Sherco Indonesia yang dimotori oleh Xtremereated (XClub) bakal cukup agresif dalam memeriahkan market motor off road/enduro di tanah air. Tentunya bukan motor enduro entry level, melainkan motor enduro high end dengan harga yang cukup mahal. Maklum bro, Sherco bukanlah brand ecek-ecek di segmen motor enduro. Brand motor asal Perancis ini dikenal memiliki motor-motor enduro dengan performa tinggi, tangguh, dan dapat diandalkan untuk melibas berbagai kondisi medan tersulit sekalipun. Nggak cuma itu saja, rider-rider enduro Sherco juga kerap membawa brand ini ke podium atau bahkan memenangkan kompetisi seperti di kompetisi Hard Enduro dan EnduroGP. Ya boleh dibilang produk-produk enduro Sherco berada di level yang sama dengan KTM, Husqvarna, dan Beta yang semuanya berasal dari Eropa.

Agresifitas Sherco Indonesia bakal terlihat dengan rencana meluncurkan empat motor enduro model year 2017. Bukan varian biasa yang akan diluncurkan, tapi varian edisi spesial “Six Days”. Pada akhir Oktober 2016 lalu Sherco secara resmi meluncurkan motor-motor enduro edisi spesial Six Days sebagai bentuk penghargaan terhadap kompetisi International Six Days Enduro (ISDE) yang digelar di Spanyol tahun 2016 lalu. Pada dasarnya edisi spesial Six Days dibangun dari motor enduro Sherco varian “Racing” atau “Factory” yang kemudian diberi grafis khas Six Days Spain. Konsepnya mirip seperti KTM yang hampir pasti menyediakan varian edisi spesial Six Days setiap tahunnya. Memang tipe Six Days apa saja yang masuk ke Indonesia?

Manager Xtremerated (XClub) Dodi Hermawan menuturkan bahwa empat motor Sherco Enduro Six Days yang bakal dijual di tanah air antara lain Sherco 250 SE-R Six Days dan Sherco 300 SE-R Six Days yang notabene menggunakan mesin 2-stroke, serta Sherco 250 SEF-R Six Days dan Sherco 300 SEF-R Six Days dengan mesin 4-stroke. Belum diketahui kapan varian-varian itu masuk ke Indonesia dan berapa pula harganya. Tapi sepertinya Sherco bakal bermain di angka Rp 130-150 jutaan, sama halnya seperti KTM, Husqvarna, dan Beta, meskipun Dodi Hermawan sendiri bilang harganya akan kompetitif dengan brand-brand lain.

“Menyambut tahun 2017, Sherco juga meluncurkan varian terbaru. Sedangkan untuk menyikapi para pemain lama yang sudah lebih dulu eksis, Sherco menyiapkan beberapa strategi, salah satunya memperkuat layanan after sales. Harga akan kami buat kompetitif dengan para pemain lain. Saat ini untuk ketersediaan spare parts juga sudah tidak perlu indent lagi, kecuali untuk model terbaru,” ujar Dodi Hermawan.

Menariknya, Sherco Indonesia langsung ingin tancap gas dengan target menjual 150 unit motor dari seluruh varian di tahun 2017 ini. Kok sedikit? Dibandingkan dengan penjualan motor trail entry level jumlahnya memang sangat sedikit bro. Tapi perlu diingat, Sherco merupakan motor trail premium dengan harga ratusan juta. Tentu saja market share motor trail premium jauh lebih sempit lagi ketimbang motor trail entry level harga harganya cuma Rp 20-30 jutaan. Levelnya beda total, jadi ya wajar saja kalau target penjualannya nggak muluk-muluk, cuma 150 unit per tahun. Apalagi di segmen motor trail premium juga sudah ada KTM dan Husqvarna yang sudah lebih dulu bercokol di tanah air, sehingga Sherco harus berjualan dengan bayang-bayang dua brand yang sangat kuat itu.


Advertisements