• Home »
  • Article »
  • FXX dan FXR Masih Jadi Andalan Cleveland di Segmen Trail Tahun 2017

FXX dan FXR Masih Jadi Andalan Cleveland di Segmen Trail Tahun 2017

Bro sekalian… Kabarnya Cleveland CycleWerks Indonesia di bawah naungan PT Sumatra Motor Indonesia bakal lebih agresif di tahun 2017 ini, termasuk di segmen trail. Lineup yang dikeluarkan oleh Cleveland di tahun 2017 masih sama dengan akhir 2017 lalu, yaitu FXX 110, FXR 110, Hooligun 250X, dan Hooligun 450X. Namun, dari daftar TPT di Kementerian Perindustrian, PT Sumatra Motor Indonesia sudah mendaftarkan TPT FXR 125. Mungkin ini juga bakal keluar di tahun 2017 dengan status sebagai motor trail road legal yang bisa digunakan di jalan raya karena bisa dibeli lengkap dengan surat-surat (STNK, TNKB, dan BPKB). Lalu varian mana yang jadi tulang punggung penjualan Cleveland di tahun 2017?

Dikatakan oleh Presiden Direktur Sumatra Group Kennard Rusali yang dikutip dari detikOto, FXX dan FXR bakal tetap menjadi ujung tombak bagi Cleveland dalam menggempur market motor off road/trail nasional. Langkah itu memang cukup logis. Kenapa? Karena FXX dan FXR merupakan motor trail Cleveland dengan harga paling murah. Keduanya bermain di rentang harga Rp 30-32 juta off the road. Pada rentang harga ini FXX dan FXR masih bisa bertarung di segmen trail entry level, meskipun kalau menurut Adventuriderz.com harga itu kemahalan untuk sebuah motor mungil bermesin 110 cc buatan Tiongkok. Tapi FXX dan FXR juga memiliki daya tarik, yaitu desainnya nggak pasaran dan bobotnya sangat ringan hanya di kisaran 70-an kg.

“FX ini jadi varian yang menarik karena belum ada spesies seperti ini. Motor ini sudah mendapatkan nickname, yaitu motor capung. Waktu pertama (ikut event off road) diketawain, tapi setelah 20, 30, 50 km pertama, motor lain jatuh (saat hill climb), kita satu tangan lambai-lambai, karena nggak pakai kopling,” ungkap Kennard Rusali.

Bagaimana dengan Hooligun 250X dan Hooligun 450X? Rasanya sulit menjual kedua tipe ini dalam jumlah yang banyak. Harga keduanya terlalu mahal untuk brand motor yang kurang dikenal namanya. Hooligun 250X misalnya, dijual dengan harga Rp 74 juta off the road, sedangkan Hooligun 450X dibandrol Rp 147 juta off the road. Padahal di sisi lain ada brand lokal yang produknya identik dengan Hooligun 250X dan tentu harganya lebih murah. Belum lagi persaingan dari brand Jepang (Yamaha CBU Off Road Indonesia) yang menjual motor off road dengan harga atraktif. Hooligun 450X dengan harga Rp 147 juta sudah bermain di kelas motor off road/enduro Eropa seperti KTM, Husqvarna, Sherco, dan Beta. Dibandingkan dengan brand-brand Eropa, Cleveland jelas kalah kelas! So, di segmen motor trail, paling-paling Cleveland cuma bisa jualan FXX dan FXR. Tapi bakal gawat kalau ada pabrikan lokal yang mau mengeluarkan produk serupa dengan FXX dan FXR dengan harga lebih murah. Soalnya salah satu petinggi pabrikan motor lokal di Indonesia pernah bilang ke Adventuriderz.com bahwa pihaknya bisa saja menjual produk serupa FXX dan FXR dengan harga Rp 20 jutaan atau malah bisa di bawah Rp 20 juta! Serem kan?


Advertisements