Dakar 2017: Terjadi Tanah Longsor, Race Stage 9 Dibatalkan

Gelaran balap rally paling kejam di dunia, Dakar, pada tahun 2017 ini mendapatkan tantangan yang sangat besar. Cuaca buruk yang melanda wilayah Bolivia berupa hujan deras disertai badai membuat race stage 6 lalu dibatalkan. Kondisi track yang penuh genangan air dan rusak tidak memungkinkan dilewati oleh para peserta lomba Dakar 2017. Kini tantangan kembali menghampiri Dakar 2017, di mana rute yang rencananya dilalui oleh peserta pada stage 9 di wilayah Argentina mengalami longsor. Panitia pun kembali memutuskan race stage 9 dibatalkan!

Race stage 9 sejatinya menempuh perjalanan dari Salta menuju Chilecito. Penyelenggara menyebut stage 9 ini sebagai “The Super Belen” lantaran memiliki jarak nyaris 1.000 km, tepatnya 977 km, dengan special stage sejauh 406 km. Menariknya lagi, 98 persen rute ini merupakan jalur off road dan hanya sebagian kecil saja yang bukan alur off road. Kecepatan dan kemampuan navigasi yang baik sangat diperlukan di stage 9, bahkan penyelenggara menyebut stage 9 merupakan penanda siapa yang bakal keluar menjadi juara Dakar 2017.

Sayangnya race stage 9 mesti dibatalkan. Argentina dilanda hujan badai membuat banyak wilayah dilanda tanah longsor parah, termasuk jalur yang menghubungkan antara Salta dan Chilecito. Bencana alam itu terjadi pada Rabu (11/1/2017) pukul 10.30 waktu setempat. Rute sekitar 40 km di sebelah utara Jujuy dan 160 km dari Salta telah tertutup oleh tanah longsor, nggak memungkinkan lagi untuk dilewati para peserta lomba. Bahkan pemerintah Argentina telah memberikan pengumuman mengenai adanya korban jiwa dan kerusakan yang cukup parah pada lokasi-lokasi yang terdampak tanah longsor.

Menurut pengumuman dari Amaury Sport Organization (ASO) sebagai penyelenggara Dakar, banyak kendaraan-kendaraan pendukung yang terjebak di area tanah longsor sehingga mereka perlu menempuh perjalanan yang lebih panjang sejauh 200 km melalui San Antonio de los Cobres untuk sampai ke Salta, dan ASO memperkirakan kendaraan-kendaraan itu tidak bisa sampai di Salta tepat waktu sebelum start stage 9 dimulai. ASO kemudian memutuskan seluruh tim dan kendaraan pendukung bakal berkumpul di Chilecito untuk melanjutkan balap stage 10 dari Chilecito menuju San Juan pada 12 Januari 2017. Sebagai bentuk dukungan terhadap korban dan wilayah yang dilanda tanah longsor, ASO mengerahkan tim keamanan pendukung menuju lokasi tanah longsor dan menawarkan fasilitas kesehatan. So, race Dakar 2017 tinggal tersisa tiga stage lagi nih bro… Dengan demikian posisi Sam Sunderland di puncak klasemen sementara masih belum tergoyahkan.


Advertisements