• Home »
  • Article »
  • RMX450Z Dapatkan “Green Sticker”, Pertanda Motor Ramah Lingkungan!

RMX450Z Dapatkan “Green Sticker”, Pertanda Motor Ramah Lingkungan!


Belum lama ini brand motor asal Jepang, Suzuki, meluncurkan motor off road “tulen” yang bernama RMX450Z. Langkah yang dilakukan oleh Suzuki tentu saja cukup mengejutkan sekaligus menggembirakan karena selama ini hanya memproduksi motor motocross dan dual sport. Kalaupun ada model motor off road (enduro), paling-paling produk tersebut memiliki kapasitas mesin kecil dan ditujukan bagi rider pemula. Jelas kehadiran RMX450Z bakal memberikan warna tersendiri di segmen motor off road.

Secara umum RMX450Z merupakan motor off road tulen yang ditujukan bagi rider yang sudah cukup matang, dibangun dari basis motocross RM-Z450 yang sudah disesuaikan dengan karakter motor off road. Menariknya, sebagai motor off road tulen RMX450Z justru lolos homologasi Environmental Protection Agency (EPA), yaitu sebuah lembaga di Amerika Serikat yang memiliki misi melindungi kesehatan manusia dan lingkungan. Untuk kendaraan bermotor, yang menjadi pertimbangan EPA adalah emisi gas buang dan tingkat kebisingan. Luar biasanya RMX450Z lolos dalam tes yang dilakukan oleh EPA. Padahal motor off road dari brand lain sudah menyerah angkat tangan nggak bisa lolos EPA.

Selain itu, RMX450Z juga mendapatkan label hijau (green sticker) di negara bagian California dari California Air Resources Board. Artinya, emisi gas buang dan tingkat kebisingan yang dikeluarkan oleh RMX450Z masih bersahabat bagi lingkungan maupun manusia berdasarkan standar yang dimiliki oleh EPA dan California Air Resources Board. Dengan lolosnya RMX450Z dari homologasi EPA dan California Air Resources Board, maka RMX450Z menjadi motor yang bisa berfungsi ganda. Pertama, menjadi motor off road tulen yang memiliki performa mumpuni di medan off road, sedangkan fungsi kedua adalah motor trail/dual sport yang bisa digunakan di dua alam berbeda – on road dan off road sekaligus – karena motor ini lolos homologasi dan bisa menjadi motor street legal. Pantas saja beberapa waktu yang lalu Valenti Racing bisa mengeluarkan supermoto Suzuki SM 450 Z street legal dari basis RMX450Z. Rupanya motor ini memang clean dan ramah terhadap lingkungan!

Dirt Bike Magazine, majalah yang mengulas mengenai motor off road di Amerika Serikat menilai RMX450Z bukanlah motor off road yang spesial. Motor ini nggak bisa dibilang kencang kalau dibandingkan dengan motor off road brand lain dengan kapasitas setara. RMX450Z juga nggak memiliki bobot yang ringan. Namun, RMX450Z tetap mempunyai keunggulan berupa power delivery yang smooth, suara senyap, dan fun to ride. Nggak cuma itu saja, RMX450Z  juga bisa berfungsi sebagai motor trail/dual sport street legal lantaran sudah lulus homologasi dari EPA. Sayangnya sampai sekarang Suzuki Indonesia nggak menjual motor trail. So, kalau tertarik dengan RMX450Z coba hubungi saja importir umum (IU) terdekat. Barangkali mereka bisa mendatangkan RMX450Z secara CBU ke Indonesia.