Internal Suzuki Indonesia Jamin DR200S Bakal Dijual di Tanah Air

Bro sekalian… Motor dual sport DR200S sudah dijual oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku ATPM Suzuki di Indonesia kepada sejumlah institusi, salah satunya Polri dan digunakan sebagai kendaraan dinas Brimob. Namun petinggi SIS seperti Seiji Itayama juga tidak menampik kalau pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menjual DR200S kepada konsumen umum. Jadi nggak cuma jualan kepada institusi Polri maupun pihak swasta saja. Sebenarnya normal kalau SIS melirik market motor trail/dual sport karena permintaannya memang terus mengalami pertumbuhan. Motor trail belakangan nggak cuma sekedar jadi motor buat hobby off road saja, tapi berkembang sebagai kendaraan lifestyle, kendaraan harian yang nyaman digunakan¬†sehari-hari, dan kendaraan yang boleh dibilang “bebas banjir”.

Nah… Pada tahun ini SIS benar-benar ingin bangkit dari keterpurukan. Salah satunya adalah dengan melakukan komunikasi dengan blogger-blogger otomotif. Selain itu, SIS sudah mempersiapkan 8-10 produk baru. Banyak banget kan? Konon kabarnya, internal SIS memberikan jaminan kalau DR200S menjadi salah satu produk yang akan diluncurkan untuk mengisi ceruk market motor trail yang sekarang masih sangat didominasi oleh Kawasaki. Namun, belum diketahui secara pasti apakah DR200S yang rencananya dijual di Indonesia itu didatangkan dengan cara impor utuh (CBU) atau sudah diproduksi di Indonesia. Kalau CBU, Adventuriderz.com khawatir harganya terlalu mahal, nggak kompetitif dibandingkan dengan produk para pesaing. Apalagi ke depan persaingan di segmen motor trail nggak mudah karena Astra Honda Motor (AHM) juga akan masuk.

Saran Adventuriderz.com, sebaiknya DR200S diproduksi secara lokal saja di Indonesia jika memang benar akan dipasarkan di tanah air. Dengan diproduksi secara lokal, biaya produksi bisa ditekan, membuat harga jual nggak terlalu melambung. Tapi kalau SIS bisa menjual DR200S CBU dengan harga kompetitif nggak masalah juga… Yang jelas untuk motor seperti DR200S jangan sampai dijual melebihi angka psikologis Rp 40 juta. Misal dijual dengan harga Rp 34-36 juta rasanya masih cukup rasional. So, semoga saja infonya benar SIS bakal jual DR200S kepada konsumen umum di Indonesia. Setidaknya biar KLX150 yang harganya terus melambung ada saingannya. Bener nggak bro?


Advertisements