Benelli Rilis TRK 502 di Malaysia Rp 89 Juta, Indonesia Kapan?



Bro sekalian… Benelli Keeway Motorcycle Sdn Bhd sebagai agen pemegang merek (APM) Benelli di Malaysia secara resmi sudah memperkenalkan motor adventure TRK 502. Rupanya motor adventure yang desainnya mirip seperti BMW GS series itu dibandrol dengan harga yang cukup atraktif di sana, hanya kurang dari 3.000 ringgit Malaysia atau tidak lebih dari Rp 89 juta kalau dikonversikan ke dalam mata uang rupiah. Terus kapan ya TRK 502 dijual di Indonesia?

TRK 502 pertama kali diperkenalkan di EICMA 2015 dalam bentuk prototipe. TRK 502 lalu resmi dirilis satu tahun kemudian, tepatnya di EICMA 2016, dan Malaysia sepertinya menjadi salah satu negara di Asia yang mendapatkan TRK 502 lebih awal. Secara desain, motor ini memang tampil sangar, kekar, dan sangat gagah layaknya motor adventure kebanyakan. Mesinnya sendiri berkapasitas setengah liter dua silinder yang mampu mengelurkan tenaga sebesar 47 HP di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimal 33 Nm di putaran mesin 5.000 rpm. Berbagai kebutuhan untuk adventure touring jarak jarak jauh juga ada di motor ini. Mulai dari tangki bahan bakar berkapasitas 20 liter, windscreen tinggi, hingga pannier box yang bisa dipakai menyimpan barang-barang bawaan (optional).

Nah… Sampai sekarang masih belum ada kabar apakah TRK 502 bakal masuk ke Indonesia atau tidak. Dulu setelah EICMA 2015, Benelli Motor Indonesia mengaku akan memasukkan TRK. Bahkan Direktur Benelli Motor Indonesia Pak Steven Kentjana Putra pernah berujar untuk market Indonesia pihaknya bakal request kepada prinsipal untuk agar membuat TRK (dan Leoncino) dengan mesin 250 cc dua silinder. Sayangnya sampai sekarang kabar itu seperti menguap begitu saja. Belum ada tanda-tanda Benelli Motor Indonesia akan memasukkan TRK 502 maupun TRK 250. Kalaupun TRK 502 masuk ke Indonesia, kemungkinan harganya nggak bakal bisa semurah di Malaysia karena di sini motor di atas 250 cc sampai dengan 500 cc dikenakan PPN BM 60 persen. Dengan harga di atas Rp 100 juta, jelas TRK 502 bakal sulit kompetitif di tanah air. Apalagi di segmen yang sama sudah ada Honda CB500X yang sudah jelas-jelas memiliki reliability amat bagus dan pelayanan superb khas Honda Big Wing. Kalau mau tetep masuk Indonesia sih saran Adventuriderz.com mending yang 250 cc.



Advertisements