Viar Motor Indonesia Ancang-Ancang Naikkan Harga Motor Trail



Awal tahun memang sudah menjadi rutinitas bagi pabrikan motor untuk menaikkan harga produknya, termasuk produk motor trail. Kenaikan harga dilakukan oleh pabrikan karena biaya produksi mengalami kenaikan, inflasi, hingga bea balik nama juga mengalami kenaikan tiap tahun. Untuk tahun 2017 ini kenaikan lebih parah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pemerintah baru saja mengeluarkan PP No. 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Imbasnya biaya penerbitan STNK motor baru naik 100 persen dari Rp 50.000 menjadi Rp 100.000, biaya penerbitan TNKB naik 100 persen dari Rp 30.000 menjadi Rp 60.000, dan penerbitan BPKB baru mengalami kenaikan 181 persen dari Rp 80.000 menjadi Rp 225.000. Jelas pabrikan mesti menaikkan harga biar nggak mengalami kerugian.

Nah… Penguasa market motor trail entry level Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sudah nyolong start dengan menaikkan harga KLX150 series. Kenaikan yang dilakukan oleh KMI cukup variatif, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 900.000. Pabrikan lain yang gencar mengeluarkan produk trail, PT Triangle Motorindo (Viar Motor Indonesia), juga sudah berancang-ancang mengerek harga produknya untuk menghadapi kenaikan PNBP yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sampai sekarang Viar masih belum menerapkan harga baru. Kabarnya harga baru sedang digodok oleh tim manajemen dan marketing. Meskipun demikian, Viar berupaya dengan maksimal agar kenaikan harga yang dilakukan tidak terlalu besar sehingga tidak membebani konsumen. Sebenarnya motor Viar yang harganya akan dinaikkan nggak cuma trail saja, melainkan semua produk mulai dari sport, skutik, hingga roda tiga. Tapi dalam konteks ini kita bahas yang trail saja ya…

“Pengaruh biaya administrasi STNK dan BPKB yang baru, pengaruh terhadap harga pasti ada. Tapi, berapa persen kenaikan harganya kami belum tahu, karena saat ini kami masih membahas penetapan harga baru. Kami tidak ingin memberatkan konsumen, sebisa mungkin kami akan menekan harga supaya naiknya tidak terlalu besar. Saat ini kami sedang membahas dengan tim marketing area kami. Mengenai kapan kenaikan ini akan terjadi juga masih kami bahas mungkin nanti akan kami lakukan pada bulan Februari atau Maret,” ungkap Marketing Communication PT Triangle Motorindo Mas Frengky Osmond, dikutip dari Dapurpacu.com.



Belum diketahui secara pasti nih bro, apakah kenaikan harga berlaku pada semua lineup produk trail Viar atau hanya produk trail street legal yang dilengkapi dengan surat-surat. Saat ini Viar punya tujuh model motor trail, yaitu Cross X 70 MT, Cross X 100 MT, Cross X 150 SF, Cross X 150, Cross X 200 GT, Cross X 200 ES, dan Cross X 250 ES. Dari total tujuh model itu hanya empat model saja yang street legal, dilengkapi dengan surat-surat, dan bisa digunakan di jalan raya, antara lain Cross X 150 SF, Cross X 150, Cross X 200 GT, dan Cross X 200 ES. Keempat model ini jelas mengalami kenaikan karena harus menyesuaikan dengan kenaikan PNBP yang amat signifikan. Tiga model lain yang hanya dijual dalam bentuk off the road tanpa surat-surat (Cross X 70 MT, Cross X 100 MT, dan Cross X 250 ES), kemungkinan juga akan naik harganya tapi nggak banyak. Semoga saja kenaikan harga yang dilakukan oleh Viar benar-benar nggak memberatkan konsumen!

Advertisements