Hummer Pro 250 – Andalan Baru Gazgas di Segmen Motor Off Road

Brand motor lokal yang berbasis di Pasuruan, Gazgas Indonesia, akhirnya menambah lineup motor trailnya nih bro… Namanya adalah Gazgas Hummer Pro 250. Boleh dibilang Hummer Pro 250 merupakan pengisi gap antara Hummer 150 dan GE 250 GZ1. Mengusung nama Hummer, Hummer Pro 250 memiliki garis desain yang cukup mirip dengan Hummer 150 yang cukup agresif namun compact  dan nggak terlalu besar/tinggi. Bedanya, Hummer Pro 250 menggunakan mesin yang berkapasitas 250 cc. Tentu saja saluran tenaga yang dikeluarkan oleh Hummer Pro 250 jauh lebih besar daripada Hummer 150. Sekarang kita bedah seperti apa spesifikasi dari Hummer Pro 250 yuk!

Kita mulai dari bagian frame… Hummer Pro 250 menggunakan frame model tulang punggung (backbone) dengan material yang terbuat dari bahan besi. Sekilas memang mirip seperti frame KTM atau Husky. Tapi jelas bedanya lumayan banyak. Suspensi upside down di bagian depan dan mono shock di bagian belakang sudah menjadi standar bagi kebanyakan motor trail entry level lokal, nggak terkecuali Hummer Pro 250. Dengan mengusung suspensi upside down, penampilan Hummer Pro 250 memang jadi lebih ciamik, kekar, dan garang. Apalagi dipadu dengan frame backbone dan bodywork yang manis, rasanya sulit menampik kalau Hummer Pro 250 memang motor trail yang keren…

Salah satu selling point utama Hummer Pro 250 adalah sudah menggunakan ban off road tulen. Ahhh sudah banyak mas motor trail lokal yang pakai ban off road tulen dari pabrik. Memang betul… Tapi perlu diperhatikan, ban standar yang terpasang pada Hummer Pro 250 itu Metzeler 6 Days Extreme. Ini sama sekali bukan ban yang ecek-ecek, melainkan anak perusahaan Pirelli, banyak digunakan sebagai ban standar pabrikan motor trail Eropa, dan tidak sedikit jawara enduro dunia yang mengandalkan ban ini untuk mengejar gelar juara. Untuk ban depan menggunakan ukuran 80/100-21, sedangkan bagian depan berukuran 120/90-18. Artinya, Hummer Pro 250 menggunakan ban full size yang bisa langsung digelandang ke medan off road.

Kemudian di sektor mesin, Hummer Pro 250 mengandalkan mesin berkapasitas 250 cc, 1-silinder, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Nggak benar-benar bulat 250 cc… Real-nya hanya 233,9 cc yang didapatkan dari ukuran bore 69 mm dan stroke 62,2 mm. Basis mesinnya sih mirip dengan Honda Tiger yang di-bore up menjadi 233,9 cc. Berdasarkan klaim Gazgas, Hummer Pro 250 bisa memuntahkan tenaga sebesar 12 kW atau setara dengan 16 HP di putaran mesin 7.000 rpm, sementara torsi yang dihasilkan tembus 17 Nm di putaran mesin 6.000 rpm. Tenaganya nggak begitu besar, tapi sudah lumayan banget untuk motor trail entry level dengan harga terjangkau.

Sisi menarik lainnya dari Hummer Pro 250 adalah motor ini memiliki bobot yang tergolong ringan, hanya 105 kg. Bobot motor yang ringan tentu saja membuatnya nyaman ketika diajak bermain off road dan nggak gampang bikin capek rider. Lebih menarik lagi karena ketinggian jok (seat height) Hummer Pro 250 yang cuma 875 mm amat sangat bersahabat bagi kebanyakan orang Indonesia. Di sisi lain, motor ini memiliki ground clearance yang tinggi, mencapai 320 mm. Gazgas sepertinya cukup paham kebutuhan motor off road bagi orang Indonesia, yaitu ground clearance tinggi khas motor off road, namun seat height tetap rendah yang membuat kaki mudah menapak di tanah.

Kalau bro berharap ada fitu-fitur melimpah di Hummer Pro 250 sebaiknya lupakan saja. Ini motor benar-benar basic, karena tujuan utamanya memang buat off road. Hummer Pro 250 cuma memiliki headlamp, tanpa adanya tail light, sedangkan di bagian dashboard juga kosong melompong, nggak ada konsol speedometer, tachometer, maupun fuel meter. Apakah ini jadi masalah? Rasanya nggak kalau hanya dipakai untuk off road. Toh kalau sedang menggeber motor di medan off road dipastikan sangat jarang melirik ke konsol speedometer. Kalau hanya untuk mengecek bahan bakar yang tersisa, tinggal perhatikan saja tangki bahan bakarnya. Hummer Pro 250 menggunakan tangki bahan bakar transparan, jadi nggak sulit melihat sisa bahan bakar di dalam tangki.

Terus gimana bandrol harganya mas? Sebagai andalan baru Gazgas di segmen motor trail off road entry level, Hummer Pro 250 dijual dengan harga yang cukup bersahabat. Gazgas membandrol motor ini dengan harga Rp 26 juta off the road. Saat ini Hummer Pro 250 sudah mulai didistribusikan ke dealer-dealer meskipun dalam jumlah yang masih sangat terbatas. Mungkin dalam beberapa bulan ke depan distribusinya sudah mulai merata ke semua jaringan delaer Gazgas. Tertarik meminang Hummer Pro 250? Monggo langsung saja sambangi dealer Gazgas terdekat!


Advertisements