Indonesia Terjunkan 10 Pembalap di MXGP Pangkal Pinang 2017

Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir Indonesia bakal menggelar event balap kelas internasional, yaitu Motocross Grand Prix (MXGP) 2017 di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Rencananya MXGP Pangkal Pinang digelar pada 4-5 Maret 2017, dan akan menjadi saksi para pembalap-pembalap top MXGP seperti Antonio Cairoli, Romain Febvre, dan lain-lain. Seolah nggak mau kalah, Indonesia bakal menerjukan setidaknya 10 orang pembalap di MXGP Pangkal Pinang nanti. Siapa saja pembalap Indonesia yang akan ikut berlaga di MXGP Pangkal Pinang?

MXGP Pangkal Pinang nanti memang memperlombakan beberapa kelas, mulai dari WMX (Women’s Motocross Championship), MX2, hingga kelas tertinggi MXGP. Untuk kelas WMX bakal diisi oleh Sheva Anella Ardiyansyah dari Yogyakarta yang notabene putri dari pembalap senior Iwan Ardiyansyah dan Suci Mulyani dari Jawa Timur. Kemudian para pembalap putra yang akan tampil antara lain Andre Sondakh (Sulawesi Utara), Mario Salantohe (Sulawesi Utara), Yosua Pattipi (Papua), M. Arjun Wicaksono (Jawa Tengah), Ivan Harry Nugroho (Jawa Tengah), Asep Lukman (Jawa Tengah), Rizky Haka (Jawa Tengah), dan Aldi Lazaroni (Yogyakarta). Belum diketahui di kelas apa para pembalap-pembalap putra ini berlaga, apakah di kelas MX2 atau MXGP.

Kok bisa 10 orang pembalap Indonesia berlaga di MXGP? Yups… Dari 10 pembalap Indonesia itu memang belum ada yang pernah berlaga di MXGP. Namun, sebagai tuan rumah Indonesia berhak mendapatkan privilige atau semacam benefit, yaitu pembalap Indonesia mendapatkan wild card berlaga di MXGP. Meskipun belum tentu bisa kompetitif, paling nggak wild card yang diberikan kepada para pembalap Indonesia bisa menjadi ajang pembelajaran dan pengalaman bagi mereka ketika berlaga di event balap kelas dunia.

“10 crosser terbaik itu akan tampil di MXGP Pangkal Pinang melalui jalur wild card. Mereka akan menjadi local hero, apalagi selain kejuaraan dunia motocross MXGP juga berlangsung MXGP Women seri pertama. Maka kami akan memberikan support para crosser ini dari segi pendanaan, agar bisa tampil maksimal,” ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, dikutip dari detikSport.

Last, MXGP Pangkal Pinang merupakan event balap kelas internasional yang digelar di Indonesia setelah gagal mendapatkan tiket untuk menggelar MotoGP. Meskipun gegap gempita MXGP masih jauh di bawah MotoGP, paling tidak event ini bisa memperkenalkan Pangkal Pinang dan Indonesia ke dunia. Kenapa? Karena dengan adanya MXGP dipastikan Pangkal Pinang bakal dikunjungi oleh para penonton dan media dari berbagai penjuru dunia. Semoga saja gelaran akbar ini bisa berlangsung sukses tanpa kendala apapun. Ada yang berangkat ke Pangkal Pinang nonton MXGP Maret nanti?


Advertisements