Seperti Inikah Desain Calon Motor Trail 250 cc Baru dari Viar??

Bro sekalian… Pada tahun 2017 ini PT Triangle Motorindo sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Viar Motor Indonesia kabarnya bakal meluncurkan tiga motor trail baru. Pertama adalah motor trail 250 cc, kedua bisa saja 150 cc, dan yang ketiga meskipun nggak disebutkan dengan jelas bisa di atas 250 cc (indikasinya 450 cc). Khusus untuk yang 250 cc, selentingan kabar menyebut motor trail baru itu memiliki desain, bodywork, dan frame yang berbeda dibandingkan dengan Cross X 250 SE/ES yang sudah diluncurkan oleh Viar sejak dua tahun yang lalu. Terus kemungkinan seperti apa desain motor trail 250 cc terbaru dari Viar nanti?

Sebenarnya Viar sudah cukup lama melakukan pengetesan secara internal motor trail 250 cc dengan frame model central tube yang mirip dengan frame KTM/Husky. Desainnya sekilas memang mirip motor off road KTM, apalagi dia juga menggunakan frame berwarna orange. Bahkan motor ini juga sudah wara-wiri dari sirkuit ke sirkuit lainnya untuk mengikuti ajang balap motocross oleh Viar Racing Team. Bro bisa pantengin beberapa fotonya di page ini. Jadi tidak mengherankan kalau seandainya motor prototipe inilah yang bakal menjadi calon motor trail 250 cc terbaru dari Viar yang akan diluncurkan tahun ini.

Bagaimana dengan sektor mesin? Meskipun desain dan frame berbeda dengan current Cross X 250 ES, sepertinya mesin yang diusung oleh calon motor trail 250 cc baru nanti masih sama basisnya dengan mesin Cross X 250 ES, berupa mesin 249 cc, 1-silinder, SOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin cairan. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 24 HP dan torsi sekitar 23 Nm. Adventuriderz.com nggak begitu berharap ada peningkatan tenaga atau torsi pada calon motor trail 250 cc baru dari Viar nanti. Pakai mesin current Cross X 250 ES dengan tenaga dan torsi yang ada sudah cukup banget. Justru harapannya agar bobot trail baru nanti bisa diet ketat. Saat ini Cross X 250 ES bobotnya 120 kg. Kalau model baru nanti bisa diet sampai dengan 110 kg tentu lebih menarik.

Belum diketahui apakah motor trail 250 cc yang baru bakal menggantikan current Cross X 250 ES atau justru untuk melengkapi. Informasi lain yang masuk menyebut harga trail baru berkisar antara Rp 30-40 juta. Artinya, range harganya masih sama dengan current Cross X 250 ES. Satu hal lagi yang nggak kalah penting, semoga trail 250 cc baru bisa street legal! Terus kapan meluncur di pasaran? Sampai sekarang belum ada clue bro… Tapi sumber dari Viar Motor Indonesia pernah menyebut akan ada motor trail baru di bulan Februari 2017. Apakah trail 250 cc? Kita tunggu saja!

Advertisements