Suzuki TF125 & Suzuki TS185ER – Si Motor Trail yang Bikin Baper!

Motor trail 2-stroke Suzuki TS125 memang sudah dihentikan produksinya sejak lama. Nggak cuma di Indonesia, tapi juga di pasar global seluruh dunia sudah tidak ada lagi brand new TS125. Meskipun demikian, rupanya Suzuki masih punya motor trail 2-stroke lainnya yang masih dijual di pasaran. Nggak cuma satu tipe, tapi malah dua tipe sekaligus. Lebih menarik lagi karena keduanya sama-sama mempertahankan desain jadul layaknya TS125 di jaman dulu. Kedua motor itu adalah TF125 dan TS185ER!

Kita bahas dulu yang pertama TF125. Motor ini benar-benar mengusung gaya yang super jadul, berupa tangki menggembung besar berkapasitas 13 liter, headlamp bulat, lampu sein bulat, lampu belakang kotak, kaca spion bulat, suspensi depan teleskopik, suspensi belakang stereo, rem tromol, hingga jok yang super tebal. Asli jadul abis… Asyiknya, TF125 mengaplikasikan rak di bagian headlamp dan di belakang jok, membuat joknya nggak bisa dipakai untuk boncengan. Bagian belakang cuma bisa dipakai membawa barang saja. Kemudian knalpot TF125 menjulang tinggi khas motor trail dan menggunakan ban off road tulen full size berukuran 18-21 inch.

Bagaimana dengan sektor mesin? TF125 mengandalkan mesin 123 cc, 1-silinder, 2-stroke, dan berpendingin udara yang dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan. Kayaknya mesin ini sama dengan TS125 ya… Salah satu fitur unggulan pada mesin TF125 adalah menggunakan power-reed-valve yang dikenal memiliki reliabilitas tinggi. Powernya sih nggak disebutkan berapa. Tapi kemungkinan berada di kisaran 14 HP. Amat sangat lumayan untuk ukuran mesin 125 cc dan sudah lebih dari cukup untuk sekedar fun off road maupun dual sport adventure.

Beralih ke TS185ER… Motor ini memiliki desain yang berbeda dengan TF125, tapi nggak kalah jadul. Sama-sama mengusung tangki gembung yang kapasitasnya cuma 7 liter, lampu depan bulat, lampu sein bulat, lampu belakang kotak, kaca spion bulat, suspensi depan teleskopik, suspensi belakang stereo, rem tromol, jok tebal yang bisa dipakai buat boncengan, dan velg jari-jari lengkap dengan ban dual purpose 18-21 inch. Kalau dilihat, bisa dipastikan TS185ER merupakan motor trail yang sangat nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh sekalipun karena joknya benar-benar super tebal, nggak seperti motor trail modern yang joknya sempit dan sangat tipis. Suzuki mengklaim kalau TS185ER menggunakan mesin berkapasitas 183 cc, 1-silinder, 2-stroke, dan berpendingin udara yang didapatkan dari ukuran bore 64 mm dan stroke 57 mm. Mesin ini kemudian dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. Hmmm… Pasti tenaganya nampol banget nih.

Melihat Suzuki yang masih terus menjual motor trail 2-stroke memang sangat mengejutkan. Sayangnya baik TF125 maupun TS185ER dijual sangat terbatas. Nggak semua negara menjajakan motor ini, karena hanya negara-negara tertentu saja yang menjualnya, salah satunya adalah Australia. Di Negeri Kanguru, umumnya TF125 dan TS185ER digunakan oleh para petani ketika pergi ke ladang atau para peternak untuk patroli hewan gembalaan seperti sapi dan domba di padang rumput yang luas. Tertarik dengan TF125 dan TS185ER? Nggak dijual di sini bro… Padahal kalau dijual di Indonesia pasti bikin baper para penggemar trail. Misal ngebet bener, mungkin bisa mendatangkannya dari Australia atau Jepang via importir umum (IU).


Advertisements